Tes Kesehatan Jantung
Menggunakan Treadmill dengan Protokol Bruce


Rabu, 4 Oktober 2017, pukul 20:30 WIB, saya melakukan tes treadmill dibawah pengawasan dokter untuk memeriksakan kondisi jantung di Klinik Kardiologi Bayeman, Yogyakarta. Alhamdulillah hasilnya baik. Saya sertakan hasilnya untuk tambahan pengetahuan kita, bukan untuk mengajarkan interpretasi hasil, karena rumit, harus dijelaskan oleh ahlinya:-)

Ada beberapa alasan yang menyebabkan saya melakukan treadmill untuk deteksi kesehatan jantung. Pertama, beberapa minggu yang lalu kepala saya terasa tidak enak, biasanya karena kadar kolesterol naik. Kemudian ketika mendengar salah satu kutbah Jum’at di Mushola Fakultas Teknik UGM, kepala terasa “nggliyeng” walaupun beberapa saat kemudian hilang. Terus keesokan harinya, saya periksakan darah di laboratorium kesehatan, ternyata hasil pemeriksaan, semua parameter darah dalam kisaran ambang normal tetapi tekanan darah tinggi yaitu 150/110. Tinggi sekali kan! Kedua, dalam beberapa bulan terakhir ini, saya kehilangan beberapa kolega dekat yang meninggal mendadak, terutama tanpa sakit terlebih dahulu. Oleh karena itu, saya akhirnya tidak menunda lagi yang dahulu memang pernah saya rencanakan yaitu ke dokter ahli jantung untuk memeriksakan kondisi kesehatan jantung saya.

 

Dari 17 halaman hasil, hanya saya tayang sebagian: halaman kesimpulan dan beberapa rekapitulasi hasil. Tes treadmill ini dilakukan dengan protokol Bruce.



Gambar 1. Kesimpulan akhir hasil tes treadmill.


Gambar 2. Kurva awal detak jantung sebagai acuan tes treadmill.


Gambar 3. Kurva puncak detak jantung pada saat tes treadmill.


Gambar 3. Kurva puncak detak jantung pada saat tes treadmill.


Gambar 3. Kurva puncak detak jantung pada saat tes treadmill.

 

Alhamdulillah, hasilnya baik dan karena faktor usia (61 tahun) maka saya harus minum penurun tekanan darah secara rutin. Saya kira, langkah rasional memang harus begitu. Kondisi terakhir saat ini tekanan darah 110/80 jadi bagus, termasuk hasil pengukuran saat pemeriksaan kesehatan untuk perpanjangan SIM A dan C. Semangat! Besok hari Minggu nggowès blusukan lagi.

 

The show must go on…

 

PS: saya tulis di Bandara Adisucipto, saat berangkat kerja-rodi di Jakarta, Jum’at, 6 Oktober 2017:-):-):-)

Acuan:

(tautan file ini ada di html, pdf)


oleh Ir. Djoko Luknanto, M.Sc., Ph.D.
Facebook - PerkuliahanTweeter - Djoko LuknantoLinkedin - Djoko LuknantoFacebook - Djoko Luknanto
(Djoko Luknanto, Jack la Motta, Luke Skywalker)
(Alamat situs ini: http://luk.staff.ugm.ac.id/artikel/, http://luk.tsipil.ugm.ac.id/artikel/)

Peneliti Sumberdaya Air
di Laboratorium Hidraulika
Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan, Fakultas Teknik
Universitas Gadjah Mada
alamat:
Jln. Grafika 2, Yogyakarta 55281, INDONESIA
Tel: +62 (274)-545675, 519788, Fax: +62 (274)-545676, 519788