... apa yang saya pikirkan untuk Indonesia tercinta ...


Memulung bahan kuliah untuk mengajar ...

Yogyakarta, Senin 25 Maret 2013 pukul 06:15 wib.

Bahan kuliah untuk mahasiswa memang dapat dikembangkan dari buku pegangan/buku acuan yang bagus, namun hasilnya tetap terbatas. Internet merupakan sumber yang tidak akan habis, karena berasal dari pelbagai sumber yang ada di bumi ini. Sebagai dosen, memilihkan ilustrasi yang tepat untuk memperkaya bahan kuliah, sangat membantu mahasiswa memahami topik terkait. Oleh karena itu, saya sering memulung bahan kuliah dari internet. Namun memulung bahan internet ini akan sangat melelahkan kalau dilakukan secara intensif dalam waktu tertentu. Saya memulung bahan-bahan di internet "sambil lalu" artinya sambil membaca artikel-artikel menarik di internet kalau "pas" mendapatkan artikel yang terkait dengan mata kuliah yang saya ajarkan, langsung saya kumpulkan dalam situs kuliah yang saya asuh. Dengan cara ini, bahan kuliah semakin kaya, namun kita tidak merasa jemu/lelah karena dilakukan saat kita mempunyai waktu luang dan sedang santai:-)

Sebagai contoh, saya tidak mengira saat sedang membaca artikel dari The Boston Big Picture: World water day 2013 mendapatkan ilustrasi yang bagus berkaitan dengan pengukuran kualitas air pada sebuah sungai (lihat Gambar 1). Ilustrasi ini dapat memberikan gambaran bagaimana pengambilan sampel air dilakukan di lapangan untuk pelbagai parameter sungai, misal kecepatan, sedimen tersuspensi, kualitas air, dlsb.


Gambar 1. Pengukuran kualitas air di sungai Colorado, Amerika Serikat. (Situs asli)

Kebetulan saya mengajar matakuliah pemrograman komputer, pada topi sejarah komputer pasti akan dijelaskan mesin hitung mekanik yang diciptakan oleh Charles Babbage. Walaupun sudah saya beri ilustrasi secara lengkap, namun tadi malam, saya menemukan ilustrasi mesin tersebut setelah diperbaiki dan dapat berfungsi seperti jaman dahulu. Dalam artikel tersebut bahkan disertai gambar resolusi tinggi yang sangat menarik untuk digunakan memberi penjelasan kepada mahasiswa (lihat Gambar 2).


Gambar 2. Mesin hitung mekanik yang diciptakan oleh Charles Babbage dari Inggris pada tahun 1849. (Situs asli)

Dengan cara seperti ini, bahan kuliah menjadi kaya dan menarik bagi mahasiswa, dan caranya mendapatkannya tidak "ngoyo" sehingga tidak melelahkan bagi dosen, yang di Indonesia gajinya jauh dari cukup untuk menghidupi keluarga:-)


oleh Ir. Djoko Luknanto, M.Sc., Ph.D.
Facebook - PerkuliahanTweeter - Djoko LuknantoLinkedin - Djoko LuknantoFacebook - Djoko Luknanto
(Djoko Luknanto, Jack la Motta, Luke Skywalker)
(Alamat situs ini: http://luk.staff.ugm.ac.id/artikel/, http://luk.tsipil.ugm.ac.id/artikel/)

Peneliti Sumberdaya Air
di Laboratorium Hidraulika
Jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan, Fakultas Teknik
Universitas Gadjah Mada
alamat:
Jln. Grafika 2, Yogyakarta 55281, INDONESIA
Tel: +62 (274)-545675, 519788, Fax: +62 (274)-545676, 519788