... apa yang saya pikirkan untuk Indonesia tercinta ...


Mengejar fulus dengan administrasi yang membosankan ...
Penyembah Berhala! Dosen di Indonesia terjebak dengan sistem sarat administrasi yang tidak produktif!
Banyak yang benar-benar terperangkap dan akhirnya menyembahnya:-)
(Facebook, unduh poster resolusi penuh di sini)

Catatan: Sejak sekitar tahun 2000, dikenalkan oleh Ditjen Dikti Kemdikbud yang namanya sertifikasi dosen (serdos) beserta tunjangannya, beban kerja dosen (BKD), serta laporan kinerja dosen (LKD), dan presensi kehadiran. Setiap semester sistem ini secara administrasi sangat membebani dosen-dosen PNS. Pekerjaan administrasinya banyak dan menjemukan, namun belum tentu menaikkan kinerja pendidikan secara keseluruhan. Banyak dosen PNS yang akhirnya terpaksa menjalani ritual penyembahan berhala administrasi ini karena tunjangan yang dibutuhkan untuk membeli kebutuhan pokok didasarkan kepada berhala tersebut. Tersadar atau tidak, memang bukan perkara mudah. Coba kita cerna cerita sufi di bawah ini:


Di jalan tempat pedagang wangi-wangian

Seorang pengais sampah, yang sedang berjalan-jalan di tempat orang berjualan wangi-wangian, tiba-tiba terjatuh seakan-akan mati. Orang-orang berusaha menghidupkannya kembali dengan bau-bauan wangi, namun keadaannya malah semakin parah.

Akhirnya seorang bekas pengorek sampah datang; ia mengetahui keadaan itu. Ia mendekatkan sesuatu yang berbau busuk di hidung orang itu, yang segera saja segar kembali, teriaknya, "Nah, ini dia wangi-wangian!"


Kamu harus mempersiapkan dirimu bagi keadaan peralihan, di sana tidak ada apa pun yang sudah biasa kau kenal. Setelah mati, dirimu akan harus memberikan tanggapan terhadap rangsangan yang di dunia ini masih bisa kaucoba rasakan.

Kalau kau tetap terikat pada beberapa hal yang kau kenal akrab, kau hanya akan sengsara, seperti halnya si pengorek sampah yang keadaannya menjadi gawat ditempat para penjual wangi-wangian.

Catatan

Kisah perumpamaan ini jelas sekali maknanya. Ghazali mempergunakannya dalam Alkemia Kebahagiaan pada abad kesebelas untuk menggarisbawahi ajaran Sufi, bahwa hanya beberapa saja diantara benda-benda yang kita kenal ini yang memiliki pertalian dengan "dimensi lain." 


KISAH-KISAH SUFI
Kumpulan kisah nasehat para guru sufi selama seribu tahun yang lampau
oleh Idries Shah (terjemahan: Sapardi Djoko Damono)
Penerbit: Pustaka Firdaus, 1984

(terjemahan lain)


oleh Ir. Djoko Luknanto, M.Sc., Ph.D.
Facebook - PerkuliahanTweeter - Djoko LuknantoLinkedin - Djoko LuknantoFacebook - Djoko Luknanto
(Djoko Luknanto, Jack la Motta, Luke Skywalker)
(Alamat situs ini: http://luk.staff.ugm.ac.id/artikel/, http://luk.tsipil.ugm.ac.id/artikel/)

Peneliti Sumberdaya Air
di Laboratorium Hidraulika
Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan, Fakultas Teknik
Universitas Gadjah Mada
alamat:
Jln. Grafika 2, Yogyakarta 55281, INDONESIA
Tel: +62 (274)-545675, 519788, Fax: +62 (274)-545676, 519788