Silsilah Hadits Dha'if dan Maudhu'
Jilid 2

Muhammad Nashruddin al-Albani

Hadits No. 504
SEBAIK-BAIK MAKANAN ADALAH KISMIS

"Sebaik-baik makanan adalah kismis, dapat menguatkan otot-otot, menghilangkan kesakitan atau kepenatan, meredakan emosi, mengharumkan bau mulut, menghilangkan riak, membeningkan warna." (Perawi menyebutkan sepuluh keistimewaannya, namun tidak dihafalnya).

Hadits ini maudhu'. Telah diriwayatkan oleh Ibnu Hibban dalam kitab al-Majruhin atau lebih dikenal dengan adh-Dhu'afa (I/324, cetakan India), diriwayatkan juga oleh Abu Naim dalam kitab ath-Thibb (I/9), juga oleh Ibnu Asakir (I/115), dan lainnya, dengan sanad dari Said bin Ziad bin Faqid bin Ziad bin Abi Hind, dari ayahnya, dari kakeknya, dari bapak kakeknya.

Menurut saya, riwayat ini maudhu' (palsu). Sebab Said ini telah dinyatakan oleh al-Uzdi sebagai perawi sanad yang matruk (tidak diterima) riwayatnya.

Adapun Ibnu Hibban sebagai salah seorang perawi dalam riwayat ini mengatakan, "Saya sendiri tidak mengetahui dengan pasti di manakah kelemahan riwayat ini. Apakah pada Said, ayahnya, ataukah pada kakeknya. Sebab ayah dan kakek Said tidak dikenal riwayat hidupnya oleh kalangan pakar hadits, dan keduanya tidak meriwayatkan hadits kecuali hadits pada Said ini."


Judul Asli: Silsilatul-Ahaadiits adh-Dhaifah wal Maudhu'ah wa Atsaruhas-Sayyi' fil-Ummah
Judul: Silsilah Hadits Dha'if dan Maudhu'
Penulis: Muhammad Nashruddin al-Albani
Penterjemah: A.M. Basamalah, Penyunting: Drs. Imam Sahardjo HM.
Cetakan 1, Jakarta
Gema Insani Press, 1994
Jln. Kalibata Utara II No.84 Jakarta 12740
Telp.(021) 7984391 - 7984392 - 7988593
Fax.(021) 7984388
Cetakan Pertama, Shafar 1416H - Juli 1995M

Indeks artikel kelompok ini | Disclaimer
ISNET Homepage | MEDIA Homepage | Program Kerja | Koleksi | Anggota

Dirancang oleh MEDIA, 1997-2003.
Hak cipta © dicadangkan.