Logo Media


ProgramFeedbackKoleksiAnggotaHome


LINKS:



Sejak 
10 Februari 2000

Pencerah Hati

Meskipun sangat menarik sebagai hiburan, kisah-kisah Sufi tidak pernah sekedar dianggap sama dengan fabel, legenda atau folklore. Kisah-kisah ini memiliki wit (ketangkasan pikiran), susunan, dan daya pikat yang sebanding dengan cerita terbaik kebudayan manapun; namun fungsinya sebagai cerita-nasehat Sufi hanya sedikit sekali dikenal dalam dunia modern sehingga tidak ada istilah teknis maupun populer untuk kisah-kisah semacam ini.

Selagi Anda membaca dan mencoba memahami cerita-cerita yang diungkapkan dalam bahasa samar Sang Guru ini, Anda mungkin secara tidak sengaja akan bertemu dengan ajaran hening yang tersembunyi didalamnya. Inilah makna kebijaksanan yang dimaksud, yakni bahwa Anda diubah tanpa usaha untuk berubah sedikit pun, dan ditransformasikan - percaya atau tidak - hanya dengan menyadari kenyatan yang tidak berupa kata-kata.

Jika Anda cukup beruntung dan disadarkan, Anda akan tahu mengapa bahasa yang paling indah adalah bahasa yang tak terucapkan, dan mengapa perubahan yang paling baik adalah perubahan yang tidak disadari.

Hikayat-hikayat Mistis
oleh Syihabuddin Yahya As-Suhrawardi

Inilah sebagian dari karya mistis seorang filosof masyhur yang mencetuskan mazhab baru di bidang filsafat pada zamannya. Di samping karya monumentalnya, Hikmah Al-Isyraq (Filsafat Pencerahan), hikayat-hikayat yang tersaji dalam buku aslinya merupakan bagian penting dari warisan tasawuf. Dengan amat menawan, Syaikh Al-Isyraq --demikian gelar disematkan kepadanya-- mengajak kita mengarungi negeri Nakuja Abad (Negeri Antah Berantah) beserta lakon-lakon khayalan untuk mereguk makna simbolisnya. Tak cuma permasalahan gaib digelarnya, tetapi juga pengembaran sejenis science fiction yang membangkitkan imajinasi.

Tasawuf Mendamaikan Dunia
oleh Bawa Muhayyaddin

Muhammad Rahim Bawa Muhayyaddin adalah Sufi Islam dari Srilanka yang telah membaktikan sebagian masa hidupnya untuk mengajar manusia tentang makna sejati Islam dan jalan kesufian. Meskipun dia sendiri buta huruf, namun kedalaman pemahamannya terhadap Al-Quran dan riwayat-riwayat tradisional Islam telah diakui oleh para ulama Islam di seluruh dunia.

Kisah-kisah Sufi, Jalan Sufi, Mahkota Sufi oleh Idries Shah

Telah berabad-abad lamanya para guru Sufi mengajar murid-muridnya dengan menggunakan kisah-kisah ini, yang dianggap memiliki kekuatan untuk meningkatkan persepsi yang tidak diketahui oleh manusia biasa.
Idries Shah telah menjelajahi tiga benua bertahun-tahun lamanya untuk mengumpulkan dan membandingkan versi lisan kisah-kisah yang mengagumkan ini. Dengan pelbagai cara, banyak diantara kisah ini telah menyusup ke dalam tradisi sastra Barat dan Timur. Bunga rampai ini, yang disampaikan menurut cara Sufi, berisi kisah-kisah yang dipilih dari reporter guru-guru Sufi selama lebih dari seribu tahun terakhir ini.

Kang Sejo mencari Tuhan oleh M. Sobary

M. Sobary mungkin belum seorang sufi, namun dialog antara Sobary dan kemapanan hidup beragama menyembulkan sesuatu yang sangat menarik: vitalitas kehidupan yang sudah melampaui batas-batas konvensionalitas agama itu sendiri. 

Kimia Kebahagiaan oleh Al-Ghazali

Panduan hidup zuhud yang sangat disukai kaum sufi --dijelaskan oleh Al-Ghazali-- diberi judul Kimia Kebahagiaan. "Ketahuilah, bahwa manusia tidak diciptakan secara main-main atau sembarangan. Ia diciptakan dengan sebaik-baiknya dan demi suatu tujuan agung. Meskipun bukan merupakan bagian Yang Kekal, ia hidup selamanya; meski jasadnya rapuh dan membumi, ruhnya mulia dan bersifat ketuhanan. Ketika, dalam tempaan hidup zuhud, ia tersucikan dari nafsu jasmaniah, ia mencapai tingkat tertinggi; dan sebaliknya, dari menjadi budak nafsu angkara, ia memiliki sifat-sifat malaikat. Dengan mencapai tingkat ini, ia temukan surganya di dalam perenungan tentang Keindahan Abadi, dan tak lagi pada kenikmatan-kenikmatan badani. Kimia ruhaniah yang menghasilkan perubahan ini dalam dirinya, seperti kimia yang mengubah logam rendah menjadi emas, tak bisa dengan mudah ditemukan."

Musyawarah Burung oleh Faridu'd-din Attar

Penyair Sufi - Si Penyebar Wangi. Attar --yang berarti si penyebar wangi-- adalah nama julukan penyair besar Sufi Faridu'd-Din Abu Hamid Muhammad bin Ibrahim. Dia lahir di Nisyapur, Persia Barat Laut (tempat kelahiran Umar Khayyam) pada tahun 1120, dan meninggal pada tahun 1230 setelah mencapai usia 110 tahun. Ia gugur ketika pasukan Mongol menyerbu daerahnya. Musyawarah Burung (1184-1187) yang tertulis dalam gaya sajak alegoris ini, melambangkan kehidupan dan ajaran kaum Sufi.

Daging Zen Tulang Zen oleh Paul Reps

Zen kuno sedemikian segarnya sehingga dirawat dan diingat selalu. Di sini aroma dari kulit, daging, tulang, tetapi bukan sumsumnya --tidak akan pernah ditemukan di dalam bentuk kata-kata.
Metoda blak-blakan dari Zen telah menjadikan banyak orang percaya bahwa ajaran ini berakar dari sejumlah sumber sebelum zaman Sang Buddha, 500SM. Permasalahan mengenai pikiran kita, menghubungkan kewaspadan sadar dan bawah sadar, membawa kita ke dalam kehidupan nyata sehari-hari. Beranikah kita membuka pintu diri kita terhadap sumber kehidupan kita ini? Untuk apakah daging dan tulang itu? -- Paul Reps

Berbasa-basi Sejenak, Doa Sang Katak, Burung Berkicau oleh de Mello 

Buku-buku Pater Anthony de Mello, SJ ditulis dalam konteks keanekaragaman agama untuk membantu para penganut agama-agama yang lain, para agnostik, dan para ateis dalam upaya mereka mencari nilai-nilai rohani; dan buku-buku itu tidak dimaksudkan pengarangnya sebagai pegangan untuk mengajarkan doktrin atau dogma Kristen kepada umat beriman Katolik.

Catatan dari Alam Gaib oleh Abdul-Husain Dastghib

Salah satu pilar keimanan dalam Islam adalah percaya akan adanya hal-hal yang gaib. Kisah-kisah dalam buku ini sedikit banyak memuat catatan-catatan dari alam gaib. Semua itu akan membuat kita tidak berputus asa terhadap apa-apa yang menimpa kita dan selalu menaruh harapan kepada Allah SWT. 

Deru Campur Debu oleh Chairil Anwar

Kumpulan syair Chairil Anwar --penyair besar Indonesia-- di zaman awal terbentuknya negara Indonesia.

Lain-lain

Kumpulan cerita pencerah hati dari berbagai pengarang, termasuk Khalil Gibran.
Karikatur sejuta arti untuk pencerah hati.
Cerita sufi Nasrudin Hoja


ISNET Homepage | MEDIA Homepage | Program Kerja | Koleksi | Anggota

Dirancang oleh MEDIA, 1997-2000.
Hak cipta © dicadangkan.