Cara Penilaian Ujian

... dalam melakukan penilaian terhadap
tugas, pekerjaan rumah, praktikum dan ujian mahasiswa
untuk matakuliah yang saya ampu ...

Catatan: Tidak setiap ujian saya tayang nilainya secara daring, biasanya untuk ujian yang pesertanya dibawah sepuluh orang tidak ditayangkan dalam laman ini.

Cara penilaian yang dijelaskan di bawah ini tidak berusaha menjelaskan teori penilaian pembelajaran, namun hanya ingin memberikan gambaran kepada mahasiswa proses penilaian pembelajaran pada matakuliah yang saya ampu. Proses penilaian mengikuti tahapan di bawah ini.

1. Pemberian tugas, pekerjaan rumah, dan ujian

Setiap awal perkuliahan, kepada mahasiswa dijelaskan terkait pelbagai penilaian yang akan digunakan dalam masing-masing matakuliah. Setiap mata kuliah mempunyai karateritika masing-masing, ada kuliah yang dilengkapi pratikum, ada yang mempunyai tugas kecil dan besar, pekerjaan rumah, maupun kombinasinya, atau hanya Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS).

2. Skoring

Setiap tugas, pekerjaan rumah, praktikum dan ujian mahasiswa akan dilakukan skoring dan pembobotan sesuai dengan rancangan masing-masing tugas, pekerjaan rumah, praktikum dan ujian tersebut. Sistem skoring yang digunakan sesuai dengan kebiasaan yang digunakan di Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan (DTSL), Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada. Dalam Gambar 1 disajikan sistem skoring bilangan dan huruf yang digunakan.


Gambar 1. Sistem skoring yang digunakan

Pada tahap awal, setiap tugas, pekerjaan rumah, praktikum dan ujian mahasiswa dilakukan skoring dengan bilangan yang telah ditentukan. Skoring setiap tugas, pekerjaan rumah, praktikum dan ujian mahasiswa digabungkan dan diberi bobot seperti disajikan dalam Gambar 2.


Gambar 2. Tabel yang saya gunakan untuk skoring (tabel lanjutan: 01, 02 dan 03).

Konversi dari nilai bilangan menjadi nilai huruf, baik secara relatif maupun mutlak,disajikan dalam Gambar3.


Gambar 2. Dashboard sistem penilaian akhir yang digunakan untuk skoring
(tabel lanjutan: 01, 02 dan 03).

Pada Gambar 2 di atas, tabel pertama, merupakan tabel yang saya gunakan bersama dengan Tim Pengampu untuk melakukan diskusi hasil penilaian gabungan akhir masing-masing mahasiswa (lihat Gambar 3).

3. Penilaian Akhir Mahasiswa

Penilaian akhir, setelah mendapat persetujuan masing-masing dosen pengampu matakuliah, diserahkan kepada Bagian Pengajaran DTSL, FT UGM untuk diumumkan. Pada laman ini disajikan distribusi nilai mahasiswa untuk satu matakuliah yang disajikan secara daring.


Gambar 3. Distribusi perolehan nilai gabungan mahasiswa.

Pekerjaan mahasiswa yang sudah dinilai selalu saya kembalikan, agar mahasiswa dapat mencermati kesalahan yang telah diperbuat dengan membandingkan jawaban yang saya pasang di setiap laman matakuliah terkait.


oleh Ir. Djoko Luknanto, M.Sc., Ph.D.
Facebook - PerkuliahanTweeter - Djoko LuknantoLinkedin - Djoko LuknantoFacebook - Djoko Luknanto
(Djoko Luknanto, Jack la Motta, Luke Skywalker)
(Alamat situs ini: http://luk.staff.ugm.ac.id/, http://luk.tsipil.ugm.ac.id/)  

Peneliti Sumberdaya Air
di Laboratorium Hidraulika
Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan, Fakultas Teknik
Universitas Gadjah Mada
alamat:
Jln. Grafika 2, Yogyakarta 55281, INDONESIA
Tel: +62 (274)-545675, 519788, Fax: +62 (274)-545676, 519788