Kuliah Apresiasi Komputer: Microsoft Word

dikumpulkan dari berbagai sumber
untuk mempercepat penyebaran informasi secara efisien
dan menambah percepatan kemajuan Indonesia tercinta ...

Membuat Penomoran Otomatis

Microsoft Word dilengkapi dengan fasilitas untuk membuat penomoran otomatis banyak hal. Paling sering dijumpai/digunakan adalah penomoran otomatis untuk sebuah daftar (list). Setiap penomoran otomatis, mempunyai pengaturan tertentu. Jika pengaturannya tidak sesuai dengan kaidah, maka formatnya menjadi berubah, sehingga membutuhkan waktu untuk perbaikannya.

Penomoran Otomatis Caption

Judul gambar, tabel, dan foto (caption) dalam naskah akademik biasanya diberi nomor berurutan. Penomoran ini sebaiknya dilakukan secara otomatis, karena kalau dilakukan secara manual, banyak waktu terbuang dan tidak bisa dibuat tabel gambar, judul, dan foto secara otomatis pada bagian depan sebuah naskah akademik.

  1. Pada lokasi caption akan diselipkan pada naskah akademik, pilih menu References (lihat Gambar 1), kemudian pilih tombol Insert Caption.
  2. Akan muncul menu Caption dengan beberapa pilihan: New Label, Delete Label, Numbering, Auto Caption. Pilih sesuai kebutuhan, misalkan ingin membuat baru, pilih New Label, kemudian tulis label yang diinginkan.
  3. Yang sering dilupakan adalah cara penomoran otomatis yang diinginkan. Pilih Numbering, kemudian ikuti menu yang tersedia tentang penomoran otomatis yang dikehendaki. Biasanya penomoran ini dilakukan dengan mengacu aturan penulisan naskah akademik pada institusi setempat.


    Gambar 1. Cara penomoran otomatis untuk caption (judul gambar, tabel, dan foto)


oleh Ir. Djoko Luknanto, M.Sc., Ph.D.
(Djoko Luknanto, Jack la Motta, Luke Skywalker)
(Alamat situs ini: http://luk.staff.ugm.ac.id/ak/, http://luk.tsipil.ugm.ac.id/ak/)  

Peneliti Sumberdaya Air
di Laboratorium Hidraulika
Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan, Fakultas Teknik
Universitas Gadjah Mada
Jln. Grafika 2, Yogyakarta 55281, INDONESIA
Tel: +62 (274)-545675, 519788, Fax: +62 (274)-545676, 519788