... apa yang saya pikirkan untuk Indonesia tercinta ...


... hikmah dari Sherlock Holmes dan Dr. Watson ...

Yogyakarta, Selasa 11 November 2014 pukul 04:35 wib.

Pelajaran dapat ditarik dari mana saja. Kita mendapat hikmah dari orang miskin maupun kaya. Dari kisah sufi maupun dagelan, kita dapat mengambil hikmah pula. Bahkan banyak kisah sufi yang dipandang sebagai dagelan, karena pembaca tidak mampu mengambil makna/hikmah yang tersirat dalam kisah sufi tersebut.

Kita ambil kisah lucu detektif Sherlock Holmes dan sahabat karibnya Dr. Watson yang sedang berkemah bersama:

Sherlock Holmes and Dr. Watson went on a camping trip. As they lay down for the night, Holmes said: "Watson, look up into the sky and tell me what you see." Watson said, "I see millions and millions of stars". Holmes: "And what does that tell you?" Watson: "Astronomically, it tells me that there are millions of galaxies and potentially billions of planets. Theologically, it tells me that God is great and that we are small and insignificant. Meteorologically, it tells me that we will have a beautiful day tomorrow. What does it tell you?" Holmes: "Somebody stole our tent."
Website: http://www.owensworld.com/jokes/life/sherlock-holmes

Ternyata ...

  • setiap orang selalu melihat kasus berdasarkan sisi pandang masing-masing dan pengalaman-pengalaman sebelumnya. Dalam istilah M.H. Ainun Najib, setiap orang melihat dari pojoknya masing-masing.

Hanya orang-orang yang berlatih untuk mempertajam intuisi akan mengeluarkan pendapat yang paling tepat dengan konteks saat itu.

  • Anda memilih yang mana, sekedar mengemukakan pendapat yang selama ini anda pahami, atau ingin melihat sesuatu yang baru sesuai dengan konteksnya. Ambil hikmah sesuai konteks sehingga tepat dalam merencanakan perubahan ke depan.


(Alamat situs ini: http://luk.staff.ugm.ac.id/artikel/, http://luk.tsipil.ugm.ac.id/artikel/)