Seluk-beluk buku yang disebut
Injil Barnabas

oleh Drs. B.F. Drewes dan Drs. J. Slomp


ISNET Homepage | MEDIA Homepage | Program Kerja | Koleksi | Anggota
| Indeks Antar Agama | Indeks Artikel | Indeks Islam | Indeks Kristiani |

 

BAB 4. ISI "INJIL" BARNABAS

Kitab Barn tebal sekali bila dibandingkan dengan kitab-kitab Injil yang terdapat dalam Perjanjian Baru. Jumlah fasalnya adalah 222. Banyaknya fasal itu mengingatkan kita akan kitab-kitab Diatessaron yang timbul sepanjang sejarah Gereja. Dalam kitab Diatessaron bahan-bahan dari keempat Injii digabungkan dan dijadikan satu. Dan memang ada kitab-kitab Diatessaron yang dikarang dalam bahasa Venezia dan dalam dialek Tuska. Nah, Barn pun untuk sebagian terdiri dari bahan-bahan yang terdapat dalam keempat Injil Perjanjian Baru. Kaitannya dengan beberapa Diatessaron bahasa-bahasa Italia sangat jelas kalau kita periksa isi Barn fasal 1-9. Dalam Barn 1-9 berturut-turut kita baca tentang: -- pemberitahuan tentang kelahiran Yesus -- mimpi Yusuf -- sensus penduduk -- kelahiran Yesus -- para gembala -- Yesus disunat -- para majus -- mimpi para majus -- Yesus diserahkan kepada Tuhan di Bait Allah -- pembunuhan kanak-kanak di Betlehem -- pengungsian ke Mesir -- tindakan Yesus di Bait Allah.

Para pembaca yang mengenal isi Perjanjian Baru melihat bahwa bahan-bahan tersebut merupakan gabungan dari Injil Matius dan Injil Lukas Yang menarik perhatian ialah bahwa dalam sebuah Diatessaron dialek Tuska (fasal 3; 5-9; 12) peristiwa-peristiwa tersebut di atas diceriterakan dalam urutan yang sama; sedangkan peristiwa-peristiwa dalam Barn fasal 3-9 sejajar dengan fasal 6-11 dalam Diatessaron dialek Venezia. Demikian juga masih dapat ditunjuk persamaan lain antara Barn dengan kedua Diatessaron tersebut.

Dalam fasal 9 kita baca tentang segala macam kejadian lain dari hidup Yesus dan ajaran Yesus dengan tekanan pada ajaran Yesus. Isinya kurang lebih dua pertiga diambil dari keempat Injil. Misalnya, Yesus menyembuhkan seorang kusta (fasal 11); Yesus memilih 12 rasul (fasal 14); Perlukah membayar pajak (fasal 31); dan seterusnya.

Ada juga bagian-bagian yang sama sekali tidak mempunyai ikatan dengan Injil-Injil Perjanjian Baru" misalnya judul fasal 22 yang berbunyi, "Keadaan yang menyedihkan dari orang yang tidak disunat: seekor anjing lebih baik daripada mereka", atau percakapan antara Abraham dengan ayahnya (fasal 26). Dalam fasal 35 kita baca tentang terjadinya pusat: setan meludahi manusia, dan Gabriel membuang ludah itu dan terjadilah pusat.

Peranan Ismael amat menonjol pula: di antara 10 orang kusta yang disembuhkan terdapat seorang Ismaeli (fasal 19); Abraham harus mengorbankan anaknya Ismael (fasal 44); kitab Torah dikarang oleh seorang Ismaeli (fasal 192), dan Allah adalah Allah Abraham, Ishak dan Ismael (fasal 212).

Isi fasal-fasal terakhir banyak bedanya dengan keempat Injil. Sesudah perjamuan Paskah dan pengkhianatan Yudas, Yesus mau ditangkap. Ketika serdadu-serdadu mendekati Yesus "tibalah para malaikat kudus dan diambilnya Yesus dari jendela yang menghadap ke sebelah selatan. Diangkatnya Yesus dan diletakkannya di surga yang ketiga di tengah-tengah para malaikat yang memuji-muji Allah untuk selama-lamanya" (fasal 215). "Dan berubahlah wajah Yudas menjadi wajah Yesus, sehingga Yudas ditangkap dan disalibkan, padahal disangka Yesus yang dibunuh! Ketika Yudas meninggal dan dikubur, para murid Yesus datang dan mencari mayat Yudas, karena disangkanya tubuh Yesus" (fasal 218). Dalam fasal 219 Yesus menampakkan diri kepada ibunya dan beberapa orang lain. Dalam fasal yang berikutnya (fasal 220) Yesus berbicara kepada Barnabas, katanya, "Meskipun aku tiada bersalah di dunia, aku disebut 'Allah' dan 'Anak Allah', maka supaya aku tidak akan diejek oleh setan-setan pada hari kiamat, Allah berkehendak agar aku diejek oleh manusia dengan matinya Yudas yang dikira akulah yang telah mati di kayu salib. Dan ejekan itu akan terus berlangsung sampai datangnya Muhammad Rasul Allah, yang apabila ia datang akan mengungkapkan penipuan kepada mereka yang percaya akan syariat Allah". (Ayat ini aneh sekali. Andaikata Barn dikarang pada abad pertama, pengarangnya sudah tahu bahwa kitabnya akan tersembunyi sampai datangnya Muhammad. Lalu mengapa kitabnya itu ditulisnya?) Yesus diangkat ke surga oleh empat malaikat (fasal 221). Fasal 222 merupakan fasal terakhir yang berisi serangan atas mereka yang menyebut Yesus Anak Allah seperti dilakukan oleh Paulus.

Yang menyolok dalam isinya ialah bahwa Yohanes Pembaptis sebagai perintis jalan Yesus (periksalah dalam keempat Injil: Matius 3, Markus 2, Lukas 3 dan Yohanes 1) sama sekali tidak disebut-sebut dalam Barn. Mungkin hal itu disebabkan karena Yesus, yang dalam Barn disebut Mesias, bertindak sebagai perintis jalan, semacam Yohanes Pembaptis bagi Muhammad. Padahal Yohanes Pembaptis disebut dalam Al-Quran (Surah 19:12-15). Tentu saja timbul berbagai-bagai pertanyaan apa sebabnya Barn membungkam tentang Yohanes Pembaptis.

Menyolok pula bahwa, berbeda dengan isi Injil-Injil, Barnabas merupakan salah seorang dari 12 murid (fasal 14:100), bahkan seorang murid yang dengannya Yesus mengadakan percakapan-percakapan khusus (fasal 112:221). Dalam Perjanjian Baru Barnabas tidak termasuk orang-orang di sekitar Yesus. Baru dalam kitab Kisah Para Rasul (4:36, dan seterusnya) sesudah kebangkitan Yesus, kita dengar tentang seorang bernama Barnabas, namun orang itu tidak disebut dalam keempat Injil. Jadi di sini pun kita lihat adanya kekeliruan sejarah dalam Barn.

 

Seluk Beluk Buku Yang Disebut Injil Barnabas oleh Drs. B.F. Drewes dan Drs. J. Slomp Cetakan Pertama 1983 PENERBIT YAYASAN KANISIUS Jl. P. Senopati 24, Telepon 2309. Telex 25143, Yogyakarta Nihil obstat: F. Heselaars SJ Imprimatur: A. Djajasiswaja Pr. Vik.


| Indeks Antar Agama | Indeks Artikel | Indeks Islam | Indeks Kristiani |
ISNET Homepage | MEDIA Homepage | Program Kerja | Koleksi | Anggota 

Please direct any suggestion to Media Team