Frequently Asked Questions |
|
Question No.7Apostle John in his first Epistle, chapter 5 and verse 7 wrote: "For there are three that bear record in heaven, the Father, the Word, and the Holy Ghost, and these three are one."; is this not a fair testimony to acknowledge the 'Doctrine of Trinity'? Dalam Surat Yohanes yang pertama,pasal 5 dan ayat 7 tertulis: "Sebab ada tiga yang memberi kesaksian di Sorga, Bapa, Firman, dan Roh Kudus, dan ketiganya adalah satu."; apakah ini tidak suatu kesaksian yang adil untuk mengakui 'Ajaran Trinitas/Tritunggal'? Answer No.71. The text quoted does appear in the Kings James Version but has been omitted by most of the editors of the recent versions e.g. Revised Standard Version, New American Standard Bible, New English Bible, Phillips Modern English Bible, because the quoted text does not appear in the older Greek manuscripts. 1. Kutipan teks memang muncul dalam Injil Versi Raja James tetapi telah dihilangkan oleh para editor versi-versi baru ini seperti Standar Versi Yang Diperbaiki, Kitab Injil Standar Bahasa Amerika Baru, Kitab Injil Petrus Bahasa Inggris Moderen, karena kutipan teks tidak muncul dalam naskah Bahasa Greek yang lebih tua1. 2. Renowned historian Edward Gibbon calls the addition a "Pious Fraud" in his famous history book 'Decline and Fall of Roman Empire'. 2. Sejarawan terkenal Edward Gibbon menyebut tambahan "Pious Fraud" dalam buku sejarahnya yang terkenal 'Kemunduran dan Jatuhnya Kerajaan Rumawi'. 3. Peakes commentary on the subject reads; "The famous interpolation after "three witnesses" is not printed even in RSVn, and rightly. It cites the heavenly testimony of the Father, the logos, and the Holy Spirit, but is never used in the early trinitarian controversies. No respectable Greek MS contains it. Appearing first in a late 4th-century Latin text, it entered the Vulgate and finally the NT of Erasmus." 3. Komentar Peakes pada persoalan di atas terbaca; "penyisipan terkenal setelah "tiga saksi" tidak dicetak sekalipun dalam RSVn, sungguh! Disana cuma disebutkan kesaksian Sorgawi: Bapa, logos, dan Roh Kudus, tetapi itupun tidak pernah digunakan dalam perdebatan-perdebatan tritunggal di masa awal. Tidak ada MS Latin yang bisa dipercaya yang pernah memuatnya. Pemunculan pertama terjadi dalam akhir abad 4. Dari Teks bahasa Latin, dimasukkan ke dalam The Vulgate kemudian akhirnya dimasukkan ke dalam PB (Perjanjian Baru) dari Erasmus." Notwithstanding the above rejections, the verse that follows the quoted text reads in KJV; "And there are three that bear witness in earth, the spirit, the water, and the blood; and these three agree in one." (1John 5:8). Are these three witnesses "co-equal"? Can blood be substituted with water? Can water be regarded as the same in any respect with the Spirit? Just as the spirit, the blood and the water are three separate entities, so are the first three witnesses, namely; the Father, the Son (Word, Logos) and the Holy Spirit (Ghost). Sekalipun tanpa mengemukakan penolakan-penolakan diatas, ayat selanjutnya dari teks yang terbaca dalam KJV; "Dan ada tiga yang memberi kesaksian di bumi, roh, air, dan darah; dan ketiganya adalah satu." (1 Yohanes 5:8). Apakah tiga saksi ini "sama"? Dapatkah darah diganti dengan air? Dapatkah air dipandang sama dari sudut pandang apapun dengan Roh? Sebagaimana roh, darah dan air sesungguhnya ketiganya adalah terpisah, maka tiga saksi yang pertamapun, yaitu; Bapa, Anak (Firman, Logos) dan Roh Kudus (mestinya juga dianggap terpisah). [1] Dalam terjemah Bahasa Indonesia terjemah di atas masih dipakai timbul keingintahuan kita mengapa dalam versi lain sekarang malah sudah dihilangkan. |
|
| Indeks Antar Agama | Indeks Artikel | | ISNET Homepage | MEDIA Homepage | Program Kerja | Koleksi | Anggota | Please direct any suggestion to Media Team |