Mitos atau Realitas | |
|
CITRA ISLAM DI EROPA (2/2) Pada masa Reformasi, setelah berabad-abad dalam ketakutan dan permusuhan, Islam terbukti merupakan alat yang tepat dalam serangan-serangan polemik di antara kaum Kristen, lambang bahaya anti-Kristus. Martin Luther memandang Islam "dalam gaya abad pertengahan, sebagai suatu gerakan kekerasan untuk melayani anti-Kristus; itu tidak dapat diubah karena tertutup bagi akal; hanya dapat dihentikan dengan pedang dan bahkan dengan suatu usaha yang sulit."[6] Pada abad-abad berikutnya, Islam terus dipergunakan sebagai sesuatu yang jelek bagi para penulis yang mengunggulkan prinsip dan kebajikan Pencerahan. Fanaticism, or Muhammad the Prophet karya Voltaire menggambarkan Nabi Muhammad sebagai tiran yang teokratis. Ernest Renan, dalam sebuah kuliah yang sering dikutip, mengunggulkan sains dan nalar serta kemajuan manusia, dengan mengatakan bahwa Islam tidak sesuai dengan sains, dan bahwa kaum Muslim tidak mampu belajar ataupun membuka diri terhadap gagasan-gagasan baru.[7] Stereotip tradisi agama yang statis, irasional, tidak ada kemajuan dan antimodern ini diabadikan oleh para pakar dan teori pembangunan dalam abad ke-20. Walaupun dunia Islam dan Kristen sangat membanggakan agama dan kekayaan tradisi belajar dan peradaban mereka, dinamika sejarah hubungan Islam-Kristen kerap menjumpai kedua umat tersebut bersaing, dan terkadang terperangkap dalam peperangan, untuk mendapatkan kekuasaan, tanah dan jiwa. Akibatnya, mereka lebih sering bermusuhan daripada bersikap sebagai sesama Ahlul Kitab yang berusaha mematuhi dan mengabdi kepada Tuhan mereka. Bagi Kristen, Islam terbukti sebagai ancaman ganda, baik dalam hal agama maupun politik, yang sering mengancam untuk menyerang Eropa, mula-mula di Poitiers dan akhirnya di gerbang Wina. Bukan lelucon jika beberapa ahli sejarah mengatakan bahwa jika tentara Muslim tidak dikalahkan di Poitiers, mungkin bahasa Oxford, dan juga bahasa Eropa sendiri, adalah bahasa Arab! Gereja Kristen yakin memiliki kebenaran dan ditakdirkan untuk mengemban misi menyelamatkan maksud-maksud kepausan dan kerajaan yang absah. Selain itu, ia memperkuat perasaan unggul dan benar yang memberikan alasan bagi mencemarkan nama musuh secara religius, intelektual dan kultural. Sikap-sikap yang sama ini membuahkan keberhasilan bagi tentara Muslim dan penyebaran Islam yang cepat oleh para tentara, pedagang, dan da'i yang lebih merupakan tantangan bagi agama dan kekuasaan Kristen. Kalau sepuluh abad pertama tampak sebagai pertandingan yang tidak seimbang di mana Kristen lebih sering terkepung, masa awal kolonialisme Eropa menunjukkan adanya pergeseran kekuasaan: sejak itu kolonialisme mendominasi sejarah dan jiwa kaum Muslim, dan terus menerus, dan kadang-kadang secara dramatis, mempengaruhi hubungan antara Islam dan Barat sampai kini. Dengan adanya Revolusi Iran tahun 1978-1979 dan yang lebih akhir, Perang Teluk 1991, citra pejuang Salib dan imperialisme Barat tetap hidup, suatu pengalaman yang benar-benar hidup dalam kesadaran dan retorika politik kaum Muslim. [] Catatan kaki: [6]: Hourani, Europe and the Middle East, hlm. 10. [7]: Ibid., hlm. 12. |
|
|
|
ISNET Homepage | MEDIA Homepage | Program Kerja | Koleksi | Anggota |