Revolusi Lama dengan Bungkus Baru

Jamil Abdullah Al-Amin (H. Rap Brown)


Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum sehingga mereka mengubah apa yang ada pada diri mereka sendiri. (QS 13:11)

Kini ia bernama Jamil Abdullah Al-Amin, Imam sebuah masjid besar di Atlanta. Sebagai pemimpin gerakan yang dahulu dikenal sebagai Dar-ul-Islam yang pernah bermarkas di Brooklyn, dia merupakan salah satu pemimpin Muslim yang paling berpengaruh di Amerika. Pengikutnya ada sekitar 10.000 Muslim tersebar di lebih dari tiga puluh kota seluruh Amerika, antara lain Chicago, New York, dan Detroit.

Dia pemilik sebuah toko kelontong di Atlanta yang terletak di seberang lapangan basket. Tokonya menjual kembang gula untuk anak-anak di lingkungan itu. Mereka semua menghormatinya. (Tetangga-tetangga di sekitar memanggilnya "Imam"). Ia biasa menghitung uang sen demi sen dengnn jari telunjuknya.

Jari telunjuk itu pula yang sering digunakannya untuk menghangatkan pidato-pidatonya pada 1960-an, ketika dia dikenal sebagai pembela kaum kulit hitam. Kala itu dia dikenal dengan nama H. Rap Brown. Lahir di Baton Rouge, Lousiana, 4 Oktober 1934. Brown tamat dari Southern University. Di kampus itu dia bergabung dengan Student Nonviolent Coordinating Commitee (SNCC), pada 1963. Empat tahun kemudian dia terpilih sebagai Ketua organisasi itu. Dia sebut bukunya yang berjudul Die Nigger Die sebagai sebuah "biografi politik." Buku itu mengisahkan tentang masyarakat kulit hitam yang berkembang dengan pesat di wilayah Selatan yang terpisah, yang menentang pemerintah baik dari kelompok hitam maupun putih, dan hidup dalam pelarian.

Dalam sebuah pidato yang disampaikannya dalam sebuah demonstrasi pada 1967, dia memperingatkan, "kalau Amerika tidak segera sadar, maka negeri ini akan hancur." Di lain kesempatan dia bilang, "Kekerasan adalah ciri utama orang-orang Amerika."

Dia memilih nama Rap, katanya, karena hanya itulah --menyanyi rap-- satu-satunya yang bisa dia kerjakan. Ketika FBI dipimpin oleh J. Edgar Hoover, Brown berada di bawah pengawasan ketat agen rahasia ini. Mereka menuduh Brown telah melakukan aktivitas subversif yang mengancam warga Amerika kulit putih dan para pembayar pajak.

Perburuan terhadapnya berhenti di New York ketika dia luka tertembak. Di penjara, dia masuk Islam. Sampai di sinilah dia mengukir reputasi sebagai pemberontak. Kini dia mengakui kekalnya kekuasaan Allah, dan dalam khutbah-khutbah tanpa teks dia sering mengutip ayat-ayat Al-Quran.

Kalau dahulu H. Rap Brown mampu membuat pendengarnya terpaku dan berurai air mata mendengarkan pidatonya, maka kini H. Jamil Abdullah Al-Amin lebih menganjurkan disiplin diri dengan cara mengerjakan shalat, puasa, sedekah, dan tawakal. Itu semua merupakan persiapan untuk menghadap Allah di hari akhir. "Terlalu banyak bicara bisa membikin orang mabuk," tambahnya.

Nama Rap saya pilih berdasarkan apa yang saya coba gambarkan dalam Die Nigger Die --kemampuan untuk bicara. "Sweet Peeter Jeeter the Womb Beater"? Saya tak lagi hapal bait-bait puisi itu. Itu sebenarnya merupakan riwayat masa lalu, yang menunjukkan ketrampilan berbahasa ketika saya dibesarkan. Memang, mereka menamakan itu musik rap sesudah saya sering melagukannya. Sebutan itu diberikan karena saya memang konsisten dengan apa yang ingin saya tampilkan pada waktu itu. Saya tak mengklaim bahwa sayalah orang yang pertama kali bermusik rap. Tetapi, sebutan itu diperkenalkan dan dikaitkan dengan gaya saya ketika itu.

Rasanya tak pernah saya bicara lebih panjang dari satu jam pada setiap kesempatan berpidato (sejak 1960-an hingga sekarang). Saya benar-benar menghayati apa-apa yang saya ucapkan, dan kiranya Rasulullah Saw. juga telah memberi peringatan akan bahaya bicara berlebih-lebihan. Dengan kata lain, sebaik-baik suatu perkara adalah yang pertengahan. Karena bicara berlebihan bisa membuat orang mabuk kepayang. Kalau Anda tak bisa menyampaikan pesan ketika sudah bicara dua jam lamanya, artinya tak ada pesan apa pun yang Anda sampaikan.

Saya menjadi seorang Muslim pada 1971. Ketika itu saya sedang menjalani hukuman penjara di New York. Gerakan Dar Ul-Islam menyelenggarakan program-program dakwah, termasuk mendatangi penjara-penjara untuk menyelenggarakan shalat Jumat.

Dalam Islam dikatakan bahwa Allahlah yang membuat seseorang menjadi Muslim. Segala sesuatu yang dikehendaki Allah akan berubah setahap demi setahap. Seingat saya tak ada suatu peristiwa pun sepanjang hidup saya yang membuat saya tiba-tiba lebih cenderung mau menerima Islam sebagai agama. Dalam perjalanan hidup, saya telah bertemu dengan begitu banyak Muslim, tetapi saya tak pernah secara sadar berusaha mempelajari Islam ataupun mendekatinya. Karena itu, saya yakin, Allahlah yang mendorong dan membukakan hati seseorang untuk menjadi Muslim.

Kehidupan di dunia ini merupakan penjara bagi orang-orang beriman, dan surga bagi orang-orang yang tak beriman. Sekolah-sekolah dalam beberapa hal sebenarnya mirip dengan penjara, karena itu sesungguhnya saya telah menjadi narapidana jauh sebelum masuk penjara sungguhan.

Kemana pun Anda pergi sesungguhnya merupakan sekolah, tempat belajar. Sebagian orang pergi ke Harvard, Yale, Darmaounth, dan juga Boston College. Sejumlah lainnya pergi ke Attica dan Auburn, juga Sing Sing. Tetapi sesungguhnya proses belajar tak terhenti dan terbatas di kampus-kampus itu, melainkan berkelanjutan.

Saya dibebaskan pada November 1976, dan sesudah itu pergi menunaikan ibadah Haji. Saya menjalani masa hukuman penjara lima tahun, sekali jalan. Kalau dihitung-hitung seluruh masa saya mendekam di penjara lebih panjang dari masa yang seharusnya. Saya kira semua aktivis gerakan hak-hak sipil akan marah, kalau mengetahui keadaan saya. Tetapi Islam mengajarkan kepada kita untuk tidak melakukan tindakan yang didasari dan dikendalikan oleh amarah. Rasul menjelaskan bahwa orang yang kuat bukanlah jagoan gulat, tetapi mereka yang dapat mengendalikan nafsu amarahnya. Bukan berarti Anda tak boleh marah dalam situasi apa pun. Yang ingin ditekankan adalah bahwa, kalau Anda tak mampu mengendalikan nafsu amarah, Anda bisa jadi korban.

Allah telah menciptakan manusia untuk berjuang. Ini merupakan esensi yang paling mendasar dari penciptaan manusia; yang secara alamiah memang harus mengalami perjuangan terus menerus untuk mencapai kemajuan, bahkan sejak kelahirannya. Ketika sel-sel sperma berebut membuahi sel telur, kemudian tumbuh menjadi janin, di sana pun sudah ada perjuangan yang berlangsung terus hingga bayi dilahirkan. Itulah ciri kehidupan manusia, semuanya merupakan perjuangan.

Ada perjuangan yang nilainya lebih tinggi, yang Allah katakan sebagai jihad fi sabilillah, yang merupakan jihad karena kesadaran yang tinggi. Gerakan Islam sendiri dibangun berdasarkan kesadaran penuh untuk berjuang. Karena itu perbedaan mendasar dari perjuangan saya pada 1960-an adalah bahwa ketika itu, tindakan saya tak didasari pada prinsip-prinsip dan pedoman yang benar. Saya pikir hal semacam itu banyak dialami oleh orang-orang pergerakan di masa itu. Pada dasarnya kami menggunakan moral dan etika orang-orang yang kami musuhi ketika itu. Hasilnya, kalaupun menang, paling-paling kami akan bertindak sebagaimana yang mereka kerjakan.

Allah berfirman dalam Al-Quran bahwa mereka yang berpegang teguh pada janji Allah, akan mendapat petunjuk yang lebih baik daripada umat lainnya. Bahkan dalam pergerakan pada 1960-an, kalau saja saya tahu bahwa ada kebenaran, saya mempraktekkannya. Begitu pula ketika saya mengenal Islam.


Jihad Gaya Amerika, Islam Setelah Malcolm X oleh Steven Barbosa
Judul Asli: American Jihad, Islam After Malcolm X
Terbitan Bantam Doubleday, Dell Publishing Group, Inc., New York 1993
Penterjemah: Sudirman Teba dan Fettiyah Basri
Penerbit Mizan, Jln. Yodkali No. 16, Bandung 40124
Cetakan 1, Jumada Al-Tsaniyah 1416/Oktober 1995
Telp.(022) 700931 Fax.(022) 707038
 Indeks artikel kelompok ini | Disclaimer
ISNET Homepage | MEDIA Homepage | Program Kerja | Koleksi | Anggota

Dirancang oleh MEDIA, 1997-2000.
Hak cipta © dicadangkan.