| |
24. Kadang dijumpai ayat yang bertentangan, bagaimana dijelaskan? Tergantung apa yang dimaksudkan dengan "bertentangan." Sebagai contoh: Mrk 10,46-52 berbicara mengenai Yesus yang menyembuhkan seorang buta yang bernama Bartimeus. Dan dengan tegas Markus mengatakan: "ketika Yesus keluar dari Yerikho,ada seorang pengemis buta bernama Bartimeus." Tetapi Mat 20,29 mengatakan bahwa "ketika Yesus keluar dari Yerikho, ada dua orang buta." Luk 18,35 mengatakan bahwa hanya ada satu orang saja. Tetapi Yesus bertemu dengan orang itu "waktu Ia hampir tiba di Yerikho." Jadi Markus dan Matius mengatakan bahwa Yesus bertemu dengan orang buta ketika keluar dari Yerikho, sedangkan Lukas ketika Yesus masuk Yerikho. Markus dan Lukas mengatakan bahwa itu hanya satu orang saja, sedang Matius mengatakan bahwa ada dua. Apakah di sini dapat dikatakan bahwa teks-teks Kitab Suci itu "bertentangan"? Kiranya tidak. Sebab tentu saja soalnya bukan "sebelum" atau "sesudah" masuk Yerikho, atau apakah hanya satu saja atau dua orang, melainkan bahwa Yesus menyembuhkan orang itu, dan terutama bagaimana Yesus memanggil dan berbicara dengan orang itu, dan bagaimana dengan seluruh peristiwa, orang itu dibawa sampai kepada iman dan penyembuhan. Satu contoh lain lagi, ialah mengenai pengakuan Petrus. Menurut Mrk 8,29 Petrus mengatakan kepadaYesus: "Engkau adalah Mesias." Dalam Luk 9,20 dikatakan: "Mesias dari Allah." Dan rumusan dari Mat 16,16 ialah "Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup." Kalau orang mau tahu apa yang persis dikatakan Petrus, memang dia akan bingung. Tapi jangan mengatakan bahwa teks Kitab Suci "bertentangan." Di sini dipakai tiga macam rumusan untuk pengakuan Petrus, yang pada dasarnya semua sama. Apakah Petrus mengatakan "Engkau adalah Mesias," atau "Mesias dari Allah," itu adalah sama. Sebab Mesias justru berarti orang yang datang dari Allah sebagai utusan dan wakil Allah. Oleh sebab itu Matius menambahkan "Anak Allah yang hidup." Sebab yang paling pokok dari Mesias ialah bahwa dia berasal dari Allah. Maka kendatipun rumusannya tidak secara harafiah sama, toh harus dikatakan bahwa pada dasarnya semua teks itu sama. Dan begitu dengan banyak teks Kitab Suci yang lain. Asal kita berpegang pada kenyataan bahwa semua teks itu mau mengungkapkan iman Israel dan iman Gereja, maka perumusan-perumusan yang agak berbeda tidak terlalu mengganggu. Dan seandainya ada teks yang nampaknya sungguh mengganggu, hendaknya minta keterangan kepada seorang yang mungkin sedikit lebih banyak berpengetahuan, atau yang sudah lebih banyak pengalaman. ------------------------------------------------------- Permasalahan Sekitar Kitab Suci oleh Dr. Tom Jacobs, SJ. Cetakan keempat: 1996 (ISBN 979-413-983-1) Penerbit Kanisius, Jln. Cempaka 9, Deresan, Yogyakarta 55281 Telp.(0274) 588783, 565996, Fax.(0274) 563349 Kotak Pos 1125/Yk, Yogyakarta 55011 | |
|
ISNET Homepage | MEDIA Homepage | Program Kerja | Koleksi | Anggota |