|
|
|
24. Kadang dijumpai ayat yang bertentangan,
bagaimana dijelaskan?
Tergantung apa yang dimaksudkan dengan "bertentangan." Sebagai
contoh: Mrk 10,46-52 berbicara mengenai Yesus yang
menyembuhkan seorang buta yang bernama Bartimeus. Dan dengan
tegas Markus mengatakan: "ketika Yesus keluar dari Yerikho,ada
seorang pengemis buta bernama Bartimeus." Tetapi Mat 20,29
mengatakan bahwa "ketika Yesus keluar dari Yerikho, ada dua
orang buta." Luk 18,35 mengatakan bahwa hanya ada satu orang
saja. Tetapi Yesus bertemu dengan orang itu "waktu Ia hampir
tiba di Yerikho." Jadi Markus dan Matius mengatakan bahwa
Yesus bertemu dengan orang buta ketika keluar dari Yerikho,
sedangkan Lukas ketika Yesus masuk Yerikho. Markus dan Lukas
mengatakan bahwa itu hanya satu orang saja, sedang Matius
mengatakan bahwa ada dua. Apakah di sini dapat dikatakan bahwa
teks-teks Kitab Suci itu "bertentangan"? Kiranya tidak. Sebab
tentu saja soalnya bukan "sebelum" atau "sesudah" masuk
Yerikho, atau apakah hanya satu saja atau dua orang, melainkan
bahwa Yesus menyembuhkan orang itu, dan terutama bagaimana
Yesus memanggil dan berbicara dengan orang itu, dan bagaimana
dengan seluruh peristiwa, orang itu dibawa sampai kepada iman
dan penyembuhan.
Satu contoh lain lagi, ialah mengenai pengakuan Petrus.
Menurut Mrk 8,29 Petrus mengatakan kepadaYesus: "Engkau adalah
Mesias." Dalam Luk 9,20 dikatakan: "Mesias dari Allah." Dan
rumusan dari Mat 16,16 ialah "Engkau adalah Mesias, Anak Allah
yang hidup." Kalau orang mau tahu apa yang persis dikatakan
Petrus, memang dia akan bingung. Tapi jangan mengatakan bahwa
teks Kitab Suci "bertentangan." Di sini dipakai tiga macam
rumusan untuk pengakuan Petrus, yang pada dasarnya semua sama.
Apakah Petrus mengatakan "Engkau adalah Mesias," atau "Mesias
dari Allah," itu adalah sama. Sebab Mesias justru berarti
orang yang datang dari Allah sebagai utusan dan wakil Allah.
Oleh sebab itu Matius menambahkan "Anak Allah yang hidup."
Sebab yang paling pokok dari Mesias ialah bahwa dia berasal
dari Allah.
Maka kendatipun rumusannya tidak secara harafiah sama, toh
harus dikatakan bahwa pada dasarnya semua teks itu sama. Dan
begitu dengan banyak teks Kitab Suci yang lain. Asal kita
berpegang pada kenyataan bahwa semua teks itu mau
mengungkapkan iman Israel dan iman Gereja, maka
perumusan-perumusan yang agak berbeda tidak terlalu
mengganggu. Dan seandainya ada teks yang nampaknya sungguh
mengganggu, hendaknya minta keterangan kepada seorang yang
mungkin sedikit lebih banyak berpengetahuan, atau yang sudah
lebih banyak pengalaman.
-------------------------------------------------------
Permasalahan Sekitar Kitab Suci oleh Dr. Tom Jacobs, SJ.
Cetakan keempat: 1996 (ISBN 979-413-983-1)
Penerbit Kanisius, Jln. Cempaka 9, Deresan, Yogyakarta 55281
Telp.(0274) 588783, 565996, Fax.(0274) 563349
Kotak Pos 1125/Yk, Yogyakarta 55011
| |
|
|
ISNET Homepage | MEDIA Homepage | Program Kerja | Koleksi | Anggota |