|
7. HAKIM SANAI
Guru Sanai hidup di abad kesebelas dan keduabelas, dan
dikenal sebagai guru dari Afghanistan paling awal yang
menggunakan tema cinta dalam Sufisme. Ar-Rumi mengakuinya
sebagai salah satu inspirasinya.
Kaum fanatik berusaha menggolongkannya sebagai orang yang
keluar dari Islam, tetapi mereka tidak berhasil. Secara
khas, kata-katanya tetap digunakan dengan teratur oleh
keturunan spiritual (pendeta) untuk mendukung pretensi
mereka. Melalui proses yang familiar, ketika terminologi dan
organisasi Sufi diadopsi oleh penganut agama secara luas,
bahwa perbedaan antara kaum Sufi dan penganut yang dangkal
ini telah dikaburkan. Kaum fanatik berusaha lebih dari
sekali untuk menyatakan bahwa Sanai bukanlah Sufi.
Alasannya, bahwa pemikirannya tidak dapat dengan mudah
disatukan dengan keagamaan tertentu.
The Walled Garden of Truth, salah satu karya Sanai yang
penting, disusun dengan cara tertentu untuk memberi beberapa
bacaan pada banyak bagian. Ini mempengaruhi perubahan
persepsi yang dianalogikan perubahan fokus, pada obyek yang
satu dan sama. Jika satu seri metode interpretasi digunakan
dengan buku ini, suatu kerangka kerja paling menarik dari
materi instruksional (pengajaran), atau mendekati sebuah
sistem, akan terungkapkan.
Sanai juga dikenal karena karyanya Parliament of the
Birds, yang pada permukaannya merupakan kiasan dari
pencarian manusia terhadap pencerahan yang lebih tinggi.
Karyanya Dervish Songs yang lirikal mewakili presentasi
pengalaman Sufi.
ORANG YANG TIDUR
- Saat ummat manusia tetap merupakan benda semata di
dunia
- Maka akan dibawa serta, seperti dalam kapal,
tertidur.
- Apa yang dapat mereka lihat dalam tidur?
- Manfaat atau hukuman apa yang ada?
KITAB YANG TERTUTUP
Perkembangan manusia adalah bila seseorang diberi kitab
yang tertutup, ditulis sebelum ia lahir. Ia membawanya di
dalam dirinya sampai 'meninggal'. Saat manusia menjadi
subyek dalam pergerakan waktu, ia tidak tahu apa isi kitab
yang tertutup itu.
TINGKAT KEBENARAN
Apa yang tampak sebagai kebenaran adalah pemutarbalikan
kata dari kebenaran obyektif
MAKNA DAN TUJUAN
"Ha" dan "Ho" adalah kata-kata yang tidak perlu
dijelaskan lebih jauh kalau sudah diketahui maksudnya.
BAYI
Manusia tidak memperhatikan kalau dirinya seperti bayi di
tangan perawat. Kadang ia bahagia, kadang sedih, atas apa
yang terjadi padanya. Kadang perawat mencela anak-anak,
kadang menenangkannya. Ada saatnya ia memukulnya, ada
saatnya pula berbagi penderitaannya. Pribadi yang dangkal,
orang asing yang lewat, mungkin berpikir bahwa perawat
tersebut tidak menghiraukan anak-anak. Bagaimana ia tahu
kalau hal demikian memang seharusnya dilakukan perawat?
BAGAIMANA DAN MENGAPA?
- Esensi kebenaran adalah melebihi terminologi
"Bagaimana?" dan "Mengapa?"
IKUTI JALAN
- Jangan membicarakan kepiluanmu -- karena Dia yang
berbicara.
- Jangan mencari-Nya -- karena Dia yang mencari.
- Dia bahkan merasakan sentuhan kaki semut;
- Bila batu di bawah air bergerak --
- Dia mengetahuinya.
- Jika ada cacing di bebatuan
- Dia tahu tubuhnya, lebih kecil dari atom.
- Suara doanya, dan maksudnya yang tersembunyi,
- Dia tahu melalui pengetahuan Ilahiah-Nya.
- Dia memberi cacing makanannya;
- Dia telah menunjukkan kepadamu jalan Ajaran.
|