|
|
![]()
|
SEJAUH MANA GEREJA TELAH BERUBAH
101. Menurut yang telah Romo sampaikan di atas, rupanya
Gereja di masa-masa Perjanjian Baru cukup berbeda dari
Gereja masa kini. Betulkah demikian?
JAWABAN RAYMOND E. BROWN, S.S.: Dalam banyak hal memang
betul. Rumah-rumah pribadi tempat mereka bertemu, lain
sekali dengan gedung-gedung gereja sekarang. Tata cara
pertemuan mereka tentu berbeda dengan liturgi kita sekarang,
kendati di sana sama-sama ada pujian-pujian dan doa-doa.
Mereka juga mengenal pembaptisan dan Ekaristi. Tetapi
teologi pembaptisan dan ekaristi kita merupakan gabungan
ide-ide yang mungkin masih bertebaran di masa Perjanjian
Baru. Artinya tidak ada satu komunitas pun di masa itu yang
sudah merangkum semua gagasan tentang pembaptisan dan
ekaristi. Orang-orang Kristen permulaan memiliki
bentuk-bentuk kepemimpinan lain, yang segera berkembang
menjelang akhir abad I. Menarik bahwa beberapa gereja sudah
mulai berbicara mengenai uskup, tetapi bukan uskup dari
suatu keuskupan yang luas seperti yang kita kenal sekarang.
Masih banyak gambaran lain yang secara tidak langsung
mengandung perbedaan yang bisa ditunjukkan. Bagaimanapun
juga Gereja terdiri dari manusia-manusia yang hidup dalam
waktu; walaupun Gereja mewarisi jati dirinya dari Kristus,
ia tetap berubah sepanjang abad menurut kebutuhan dan pola
kehidupan individu-individu yang menentukannya. Ibr 13:8
mengatakan "Yesus Kristus tetap sama baik kemarin, maupun
hari ini dan sampai selamanya." Tidak ada kitab Perjanjian
Baru yang pernah menyatakan bahwa Gereja itu sama baik
menarik hari ini dan selama-lamanya.
Setelah mengatakan ini semua, rasanya saya masih perlu
menekankan bahwa yang membuat saya kagum bukanlah
perubahan-perubahan itu melainkan kesinambungan yang ada
antara Gereja pertama dan Gereja masa kini. Kita percaya,
Roh yang diberikan oleh Kristus yang bangkit kepada para
muridlah yang memberi vitalitas kepada Gereja masa kini.
Sakramen baptis memberi kita kehidupan ilahi dan menjadikan
kita anak-anak Allah, seperti halnya dulu dialami oleh
orang-orang Kristen pertama. Tubuh dan darah ekaristi yang
sama memberi makan kepada kehidupan itu sebagaimana dulu
memberi makan orang-orang Kristen pertama. Cara mengatur dan
sebutan-sebutan yang kita berikan kepada mereka yang
menjalankan reksa pastoral bisa berbeda, tetapi wewenang
yang sama untuk menghadirkan kerajaan dan pemerintahan Allah
dalam dunia yang dikomunikasikan oleh Kristus kepada Gereja
dalam diri para rasul-Nya, juga bekerja dalam Gcreja masa
kini.
Mungkin saya dapat menkonkretkan ini semua demikian: dokumen
Kristen tertua yang masih tersimpan adalah 1 Tesalonika,
ditulis sekitar tahun 50-an. Surat ini bisa menjadi latihan
baik untuk bertanya pada diri sendiri. Diandaikan, kita
orang Kristen abad ke 20, dibawa kembali ke masa itu, dan
hadir dalam pertemuan orang-orang yang bertobat yang
diadakan oleh Paulus di Tesalonika ketika surat itu untuk
pertama kalinya dibacakan. Waktu kita mendengarkannya, akan
tahukah kita bahwa kita tidak berada di antara orang-orang
Kristen yang mempunyai iman yang sama dengan kita? Akan
tahukah kita, bahwa kita tidak berada di rumah ibadat Yahudi
atau tempat pertemuan kafir, melainkan dalam Gereja Kristus?
Kita memerlukan tidak lebih dua menit untuk memutuskannya.
Dalam lima ayat pertama dokumen tertua yang ditulis oleh
seorang Kristen itu, sudah disebut Allah Bapa, Tuhan Yesus
Kristus dan Roh Kudus. Di sana disinggung pekerjaan iman,
usaha kasih dan ketekunan pengharapan. Pertanyaan anda
meliputi perbedaan-perbedaan antara Gereja masa Perjanjian
Baru dan Gereja masa kini. Kesamaan hakikinya adalah bahwa
kita mewartakan Bapa yang sama, Yesus Kristus yang sama dan
Roh Kudus yang sama. Dan di atas segalanya kita tetap
menghargai iman, harapan dan cinta.
----------------------------------
101 Tanya-Jawab Tentang Kitab Suci
Raymond E. Brown, S.S.
Cetakan kedua: 1995
Penerbit Kanisius
Jln. Cempaka 9, Deresan, Yogyakarta 55281
Telp.(0274) 588783, 565996, Fax.(0274) 563349
Kotak Pos 1125/Yk, Yogyakarta 55011
ISBN 979-497-261-4
| |
|
|
ISNET Homepage | MEDIA Homepage | Program Kerja | Koleksi | Anggota |