| |
SEJAUH MANA GEREJA TELAH BERUBAH 101. Menurut yang telah Romo sampaikan di atas, rupanya Gereja di masa-masa Perjanjian Baru cukup berbeda dari Gereja masa kini. Betulkah demikian? JAWABAN RAYMOND E. BROWN, S.S.: Dalam banyak hal memang betul. Rumah-rumah pribadi tempat mereka bertemu, lain sekali dengan gedung-gedung gereja sekarang. Tata cara pertemuan mereka tentu berbeda dengan liturgi kita sekarang, kendati di sana sama-sama ada pujian-pujian dan doa-doa. Mereka juga mengenal pembaptisan dan Ekaristi. Tetapi teologi pembaptisan dan ekaristi kita merupakan gabungan ide-ide yang mungkin masih bertebaran di masa Perjanjian Baru. Artinya tidak ada satu komunitas pun di masa itu yang sudah merangkum semua gagasan tentang pembaptisan dan ekaristi. Orang-orang Kristen permulaan memiliki bentuk-bentuk kepemimpinan lain, yang segera berkembang menjelang akhir abad I. Menarik bahwa beberapa gereja sudah mulai berbicara mengenai uskup, tetapi bukan uskup dari suatu keuskupan yang luas seperti yang kita kenal sekarang. Masih banyak gambaran lain yang secara tidak langsung mengandung perbedaan yang bisa ditunjukkan. Bagaimanapun juga Gereja terdiri dari manusia-manusia yang hidup dalam waktu; walaupun Gereja mewarisi jati dirinya dari Kristus, ia tetap berubah sepanjang abad menurut kebutuhan dan pola kehidupan individu-individu yang menentukannya. Ibr 13:8 mengatakan "Yesus Kristus tetap sama baik kemarin, maupun hari ini dan sampai selamanya." Tidak ada kitab Perjanjian Baru yang pernah menyatakan bahwa Gereja itu sama baik menarik hari ini dan selama-lamanya. Setelah mengatakan ini semua, rasanya saya masih perlu menekankan bahwa yang membuat saya kagum bukanlah perubahan-perubahan itu melainkan kesinambungan yang ada antara Gereja pertama dan Gereja masa kini. Kita percaya, Roh yang diberikan oleh Kristus yang bangkit kepada para muridlah yang memberi vitalitas kepada Gereja masa kini. Sakramen baptis memberi kita kehidupan ilahi dan menjadikan kita anak-anak Allah, seperti halnya dulu dialami oleh orang-orang Kristen pertama. Tubuh dan darah ekaristi yang sama memberi makan kepada kehidupan itu sebagaimana dulu memberi makan orang-orang Kristen pertama. Cara mengatur dan sebutan-sebutan yang kita berikan kepada mereka yang menjalankan reksa pastoral bisa berbeda, tetapi wewenang yang sama untuk menghadirkan kerajaan dan pemerintahan Allah dalam dunia yang dikomunikasikan oleh Kristus kepada Gereja dalam diri para rasul-Nya, juga bekerja dalam Gcreja masa kini. Mungkin saya dapat menkonkretkan ini semua demikian: dokumen Kristen tertua yang masih tersimpan adalah 1 Tesalonika, ditulis sekitar tahun 50-an. Surat ini bisa menjadi latihan baik untuk bertanya pada diri sendiri. Diandaikan, kita orang Kristen abad ke 20, dibawa kembali ke masa itu, dan hadir dalam pertemuan orang-orang yang bertobat yang diadakan oleh Paulus di Tesalonika ketika surat itu untuk pertama kalinya dibacakan. Waktu kita mendengarkannya, akan tahukah kita bahwa kita tidak berada di antara orang-orang Kristen yang mempunyai iman yang sama dengan kita? Akan tahukah kita, bahwa kita tidak berada di rumah ibadat Yahudi atau tempat pertemuan kafir, melainkan dalam Gereja Kristus? Kita memerlukan tidak lebih dua menit untuk memutuskannya. Dalam lima ayat pertama dokumen tertua yang ditulis oleh seorang Kristen itu, sudah disebut Allah Bapa, Tuhan Yesus Kristus dan Roh Kudus. Di sana disinggung pekerjaan iman, usaha kasih dan ketekunan pengharapan. Pertanyaan anda meliputi perbedaan-perbedaan antara Gereja masa Perjanjian Baru dan Gereja masa kini. Kesamaan hakikinya adalah bahwa kita mewartakan Bapa yang sama, Yesus Kristus yang sama dan Roh Kudus yang sama. Dan di atas segalanya kita tetap menghargai iman, harapan dan cinta. ---------------------------------- 101 Tanya-Jawab Tentang Kitab Suci Raymond E. Brown, S.S. Cetakan kedua: 1995 Penerbit Kanisius Jln. Cempaka 9, Deresan, Yogyakarta 55281 Telp.(0274) 588783, 565996, Fax.(0274) 563349 Kotak Pos 1125/Yk, Yogyakarta 55011 ISBN 979-497-261-4 | |
|
ISNET Homepage | MEDIA Homepage | Program Kerja | Koleksi | Anggota |