| |
PENGANTAR TERJEMAHAN ALKITAB 1. Alkitab mana yang paling baik dibaca? 2. Terjemahan mana yang anda anjurkan? 3. Bagaimana halnya mengenai terjemahan populer? 4. Apakah orang Katolik tidak dilarang membaca Alkitab Protestan? KITAB-KITAB ASLI DAN APOKRIP 5. Bukankah orang Katolik dan orang Protestan berbeda pendapat mengenai jumlah Kitab Suci? 6. Apa kiranya akan ada kesepakatan mengenai kitab-kitab Perjanjian Lama, yang tidak diterima oleh orang Protestan itu? 7. Anda mengatakan, bahwa orang Protestan dan Katolik sependapat mengenai kitab-kitab Perjanjian Baru. Bagaimana mengenai Injil-injil Apokrip? 8. Adakah kemungkinan bahwa salah satu kitab Apokrip Perjanjian Baru pada suatu saat diakui sebagai Kitab Suci kanonik? 9. Sejauh mana injil-injil Apokrip itu berharga? 10.Saya mendengar, bahwa beberapa injil Apokrip mempunyai pengaruh pada pikiran Katolik. Benarkah itu? BAGAIMANA MEMBACA ALKITAB 11. Kita kembali pada Alkitab yang telah kita terima. Bagi orang yang sedang mulai membaca Alkitab dengan sunguh-sungguh, bagaimana Romo menganjurkan mereka membaca? Haruskah mereka mulai dari Kitab Kejadian berturutan sampai kitab Wahyu? Atau bisa memilih kitab mana saja untuk mulai? 12. Bagaimana pendapat anda mengenai Catatan dan Tafsir sebagai bantuan? 13. Dengan Catatan dan Komentar-komentar itu apakah kita justru hanya memperoleh 'pendapat' tentang Kitab Suci? Haruskah kita tergantung pada para ahli untuk mengerti Kitab Suci? 14. Saya menyadari pentingnya informasi dari para ahli, tetapi saya kurang mengerti mengapa kita harus tergantung pada tafsir manusiawi dalam kaitannya dengan sabda Tuhan. BIMBINGAN GEREJA 15. Semua ini mengesankan adanya suatu tafsir pribadi terhadap Kitab suci. Saya kira orang Katolik bangga karena tidak tergantung pada tafsir pribadi, tetapi mempercayakannya kepada Gereja mengenai apa yang dimaksudkan oleh Kitab Suci. 16. Pernahkah anda menemukan pertentangan antara ajaran Gereja yang berdasarkan Kitab Suci dengan tafsir anda atas teks Alkitab? 17. Saya kira telah terjadi banyak pertentangan antara para ahli Kitab Suci dengan para pengajar resmi Gereja. MENGAPA MEMBACA ALKITAB 18. Apa yang akan Romo berikan sebagai alasan terpenting untuk membaca Kitab Suci? 19. Sebutan Kitab Suci sebagai sabda Tuhan amat tidak jelas. Salahkah saya bila berpikir bahwa Sabda Tuhan mempunyai arti yang berbeda bagi setiap orang? 20. Apa yang anda maksudkan dengan Kitab Suci sebagai perpustakaan? 21. Dampak praktis apa yang ditimbulkan, kalau kita mengakui Kitab Suci sebagai suatu kumpulan buku-buku dalam suatu perpustakaan, dan bukan sebagai satu buku saja? 22. Apakah Romo masih percaya pada inspirasi Kitab Suci? APAKAH ALKITAB BENAR SECARA HARFIAH 23. Mengetahui bahwa tidak semua yang dikisahkan dalam Kitab Suci terjadi secara harfiah, pasti menjadi batu sandungan bagi banyak orang. 24. Sejauh mana kita boleh menganggap bahwa kisah-kisah Kitab Suci tidak benar-benar terjadi? Bagi saya tidak ada masalah bahwa dunia tidak diciptakan dalam enam hari dan kehidupan berkembang secara evolutif. Akan tetapi bagaimana tentang Adam dan Hawa? Menurut pastor, saya harus percaya bahwa mereka sungguh-sungguh pernah ada. 25. Entah anda memandang kisah Adam dan Hawa secara harfiah atau secara perumpamaan, tidakkah itu merugikan dalam arti menghina wanita? 26. Mari kita tinggalkan kisah Adam dan Hawa. Kalau cerita tadi diterima secara simbolik atau perumpamaan, di mana kita harus berhenti? Apakah Abraham, Musa, Daud atau Yeremia memang pernah ada? Menurut saya, dengan menjauhkan kesejarahan Kitab Suci, anda telah masuk ke dalam persoalan yang rumit. 27. Bagaimana tentang penemuan-penemuan kepurbakalaan? Tidakkah mereka menegaskan kesejarahan sebagian besar Kitab Suci? PENYELIDIKAN TENTANG ALKITAB 28. Saya perhatikan bahwa Romo dan beberapa ahli sering menggunahan kata atau istilah "kritik Kitab Suci." Apa yang anda maksudkan dengan itu? 29. Meskipun sudah mengunakan metode kritis seperti itu, namun bagi saya masih ada beberapa kitab yang terasa sulit. Menurut Pastor buku mana yang paling sulit? 30. Mengingat jawaban pada nomor 29, apa sebenarnya yang menjadi pesan kitab Apokalips atau Wahyu? FUNDAMENTALISME ALKITABIAH 31. Dalam menjawab pertanyaan tentang Kitab Wahyu, anda memakai istilah 'fundamentalis.' Sangat menarik bagi saya, karena menurut saya itu merupakan persoalan yang menghangat waktu saya bergaul dengan para pecinta Kitab Suci lain. Walau saya kenal dengan orang-orang yang disebut fundamentalis, tetapi istilah itu tidak selalu jelas bagi saya. 32. Mengapa para fundamentalis semakin menjadi persoalan yang perlu diperhatikan? Rasanya di masa-masa yang lampau, kita belum pernah berurusan dengan mereka ini. 33. Bagaimana anda akan bereaksi terhadap fundamentalisme alkitabiah ini? SEJAUH MANA PERJANJIAN BARU BENAR SECARA HARFIAH 34. Sejauh ini anda telah menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang Kitab Suci secara umum dan banyak mengacu kepada Perjanjian Lama. Tidakkah Perjanjian Baru berbeda? Perjanjian Baru tidak ditulis beratus tahun sesudah kejadian yang diceritakan, tetapi hampir bersamaan. Jadi kita tentu boleh mempercayai segi historisnya. 35. Bagaimana orang yang percaya pada inspirasi dapat mempertahankan keaslian surat-surat Paulus? Perjanjian Baru mengatakan, bahwa Paulus menulis surat-surat itu. 36. Berdasarkan jawaban Romo, sebenarnya tidak terlalu penting apakah Paulus sendiri atau muridnya yang menulis surat tertentu, kalau begitu, mengapa para ahli membuang buang waktu untuk menemukan apakah Paulus menulis surat atau tidak? 37. Seandainya Paulus tidak menulis surat-surat itu, meskipun tetap diinspirasikan, apakah otoritas mereka lebih rendah? HISTORISITAS INJIL-INJIL 38. Waktu anda ditanya tentang kesejarahan Perjanjian Baru, jawaban anda banyak menyinggung surat-surat Paulus dan siapa penulisnya. Bagaimana tentang injil? Sejauh mana gambaran Yesus dalam Injil dapat dipercaya? 39. Saya harus menghadapi bacaan kehidupan Yesus di sekolah dan dalam khalwat-khalwat. Anda hanya menyebut bahwa Ia menghayati kehidupan yang sungguh-sungguh. Namun menurut saya, kita melihat amat sedikit kehidupan Yesus sekarang. Kapan pendekatan ini berubah? 40. Dapatkah anda lebih jelas? Jika injil-injil bukanlah kisah-kisah yang sesuai dengan kenyataan tentang misteri Yesus dan juga bukan sejarah, lalu apakah mereka? Bagaimana kita harus memahami injil-injil itu? 41. Pendekatan modern melihat Injil sebagai hasil pengembangan tradisi. Apa akibat praktis pendekatan itu pada penggunaan Injil secara rohani? 42. Romo mengatakan bahwa para penginjil bukanlah saksi mata. Kami diajar bahwa Matius dan Yohanes menulis Injil, dan mereka itu adalah saksi mata dari karya pelayanan Yesus. 43. Romo melukiskan suatu pendekatan dimana tradisi yang berasal dari Yesus dimodifikasikan dan dikembangkan pada tahap sebelum menjadi Injil. Apakah kita tidak terlibat dalam bentuk pergembangan serupa kalau kita mengetrapkan Injil untuk masa kita? 44. Apakah pendekatan terhadap Injil semacam itu, yang melibatkan pengembangan tradisi, pada dasarnya bukan berarti menolak bahwa Injil diterima sebagai historis? SABDA DAN KARYA YESUS 45. Semua kedengaran bagus. Tetapi terlalu umum. Di tengah- tengah perkembangan seperti itu, dapatkah kita merasa yakin mengenai kata-kata yang diucapkan Yesus selagi Ia masih hidup? 46. Saya ingin lebih jelas. Dapatkah anda memberikan prosentase kata-kata Yesus yang ada dalam Injil, berapa prosen yang masih asli dan berapa prosen yang sudah berubah? 47. Sejauh ini, baik pertanyaan maupun jawaban yang anda berikan semua mengenai apa yang dikatakan Yesus. Saya kira ada masalah yang lebih penting, yaitu tentang apa yang dilakukan Yesus. Seberapa otentik mukjizat-mukjizat Yesus? 48. Dapatkah anda lebih khusus? Menurut anda, tradisi umum mengenai mukjizat Yesus adalah 'kenangan' historis asli (Yesus memang melakukan penyembuhan secara luar biasa), akan tetapi dapatkah kita mengetahui satu demi satu mukjizat yang dilakukan Yesus? 49. Saya melihat perbedaan antara ucapan-ucapan dan mukjizat Yesus. Ucapan-ucapan-Nya tetap mengandung makna, tetapi makna apa yang bisa kita peroleh untuk mengetahui, bahwa penyembuhan Yesus historis? Umumnya kita sekarang tidak dapat menyembuhkan dengan cara seperti dilakukan Yesus. 50. Apakah anda maksudkan bahwa dulu tidak ada kerasukan setan, tetapi sekarang ada? 51. Percayakah Pastor akan setan? KEBANGKITAN YESUS 52. Anda telah menjawab tentang kesejarahan dari berbagai aspek kisah Injil: ucapan-ucapan Yesus, mukjizat- mukjizat-Nya juga tentang setan. Tetapi bagaimana tentang kejadian puncak dalam injil, yaitu kebangkitan? Saya mendengar beberapa teolog yang mempunyai nama, termasuk dari kalangan Katolik, mengatakan bahwa iman mereka tidak akan goncang seandainya tubuh Yesus ditemukan di Palestina. Menurut anda, sebagai ahli Kitab Suci, perlukah percaya pada kebangkitan fisik? 53. Anda cukup jelas dalam menerangkan kebangkitan badani. Kembali ke masalah kebangkitan fisik, mengapa anda menghindari istilah itu? KELAHIRAN YESUS 54. Dalam jawaban anda mengenai kesejarahan kehidupan Yesus, saya perhatikan anda tidak berbicara tentang kelahiran-Nya. Kiranya anda dan yang lain menganggap kisah kelahiran tidak historis. 55. Bukankah kita memiliki kesaksian Maria dan Yusuf tentang apa yang terjadi pada waktu kelahiran? 56. Apa yang anda anggap sebagai perbedaan-perbedaan menentukan antara kedua kisah kelahiran Yesus dalam Injil? 57. Kalau kedua kisah itu sangat berbeda, mengapa kita tidak mengandaikan bahwa salah satu historis dan yang lain simbolik? Mengapa kesejarahan masing-masing diragukan? 58. Demikian, kalau kisah-kisah kelahiran itu tidak historis, nilai apa yang mereka miliki? Apakah kisah-kisah itu lebih baik daripada cerita-cerita rakyat? 59. Dalam jawaban telah disinggung pesan malaikat kepada Yusuf dan Maria. Seberapa serius kita harus mengakui malaikat? Apakah mereka benar-benar ada? 60. Setiap kali Anda mengacu pada permulaan Injil Mat dan Luk, Anda selalu menyebut Kisah Masa Kanak-kanak atau kelahiran. Padahal dalam Luk ada juga kisah sewaktu Yesus berusia 12 tahun. Apa yang kita ketahui sekitar masa muda Yesus? MARIA 61. Dalam kisah kelahiran dan masa kanak-kanak Yesus, Maria memegang peranan. Secara alkitabiah seberapa pentingkah Maria? 62. Di antara perkembangan-perkembangan baru Mariologi yang baru saja disinggung, terdapat 'dikandung tanpa noda' dan 'diangkat ke surga.' Dapatkah keduanya dihubungkan dengan Perjanjian Baru? 63. Keistimewaan Maria yang baru saja disebutkan tidak secara langsung menyinggung Kitab Suci. Bagaimana dengan keistimewaan yang disebut dalam Mat dan Luk, yaitu 'perawan yang melahirkan'? 64. Bukti apa kiranya dapat diajukan untuk sesuatu yang begitu mengagumkan, seperti ajaran 'perawan yang mengandung'? 65. Dalam menjelaskan peranan Maria dalam Kitab Suci, telah disinggung soal ibu dan saudara-saudara Yesus. Apakah itu bukan kebiasaan Protestan? 66. Bagaimana dengan ajaran Katolik bahwa Maria tetap perawan? 67. Saya tidak mengerti. Pastor mengatakan, bahwa dalam doktrin Katolik Maria tetap perawan tetapi dikatakan juga bahwa Perjanjian Baru berbicara mengenai 'saudara lelaki dan perempuan' Yesus. Mengapa Perjanjian Baru menyebut mereka demikian? 68. Tidakkah orang Katolik senantiasa diajar bahwa saudara-saudara Yesus adalah keponakan-keponakan-Nya? PENGETAHUAN YESUS 69. Saya ingin kembali dari Maria kepada Yesus. Tak bisa disangkal, komentar anda mengenai Injil memberi banyak informasi tentang Yesus. Akan tetapi apa yang dapat kita ketahui secara pasti tentang Yesus sendiri? 70. Saya mempunyai pokok khusus. Saya ingin tahu, apa yang dipikirkan Yesus tentang diri-Nya. Tahukah Ia bahwa diri-Nya Allah? 71. Tetapi apakah pengetahuan-Nya tidak berkembang? Masih manusiawikah Ia seandainya Ia tahu siapa diriNya sepanjang hidup-Nya? 72. Saya tidak mengerti, Anda mengatakan percaya, bahwa Yesus adalah Allah; Allah mengetahui segalanya. Bagaimana bisa ada pertanyaan tentang apa yang diketahui Yesus atau tentang perkembangan dalam pengetahuan-Nya? 73. Apakah itu berarti anda menyatakan bahwa pengetahuan Yesus tidak lebih daripada pengetahuan yang kita miliki? 74. Bagaimana mengenai pengetahuan faktual? Tidakkah Yesus mengetahui hal-hal yang di luar pengetahuan manusia biasa? 75. Seandainya kita memusatkan pengetahuan tentang hal-hal yang ada hubungannya dengan perutusan-Nya; misalnya, apakah Yesus tahu bahwa Ia akan mati? 76. Saya ingin bertanya mengenai pengetahuan yang jelas mengandaikan bantuan adikodrati. Apakah Yesus mengetahui masa depan secara rinci? Apakah Ia sudah tahu kalau akan bangkit dari antara orang mati? DASAR GEREJA 77. Kalau kõta menerima keterbatasan pengetahuan Yesus, lalu bagaimana dengan persiapan-Nya menyangkut masa depan, di antaranya menyangkut soal keberadaan Gereja? 78. Apakah para ahli Kitab Suci berpendapat bahwa Yesus tidak mendirikan Gereja? SAKRAMEN-SAKRAMEN 79. Bagaimana tentang sakramen-sakramen? Tidakkah pemahaman mengenai sakramen menyatakan secara tidak langsung bahwa sakramen diadakan langsung oleh Kristus? 80. Lebih spefisik lagi, apakah Yesus mendirikan sakramen Ekaristi waktu perjamuan terakhir? 81. Tidakkah orang mempunyai petunjuk yang lebih spesifik dari Yesus tentang baptis, yang mengisyaratkan bahwa Yesus mengetahui apa yang akan terjadi? 82. Tanpa petunjuk eksplisit dari Yesus, bagaimana umat Kristen sampai pada pembaptisan? Apa yang menggerakkan mereka ke arah itu? 83. Apakah arti baptisan bagi orang-orang Kristen Perdana? 84. Tentang Ekaristi, bagaimana orang Kristen sampai merayakan perjamuan Ekaristi dan bagi mereka apa yang ditandakan oleh perjamuan itu? 85. Bagaimana dengan Injil Yohanes? Di dalam perjamuan terakhir tidak disingung Ekaristi. ORANG KRISTEN PERDANA DAN ORANG YAHUDI 86. Apa hubungan antara orang Kristen awal dengan orang Yahudi? 87. Apa yang menyebabkan perpisahan antara orang Kristen dan orang Yahudi? 88. Adakah penganiayaan tertentu terhadap orang Kristen yang dilakukan oleh orang Yahudi? PEMERINTAHAN GEREJA MUDA 89. Seberapa besar peranan Kedua belas Rasul dalam Gereja Perdana? 90. Saya selalu membayangkan bahwa "Keduabelas Rasul " itu memimpin seluruh Gereja. Seandainya tidak, bagaimana Gereja Perdana diatur? Siapa yang melakukan itu? 91. Bagaimana halnya dengan doktrin yang menyatakan bahwa uskup adalah pengganti para rasul? 92. Bagaimana pola perkembangan pemilihan uskup seperti itu bisa berpengaruh pada anggapan bahwa tahbisan merupakan sakramen yang didirikan oleh Kristus? SIAPA YANG MEMPERSEMBAHKAN EKARISTI 93. Saya perhatikan, pada waktu anda berbicara mengenai peranan presbiter para uskup, anda tidak menyinggung Ekaristi. Mengapa demikian? 94. Kalau pada masa Perjanjian Baru orang yang memimpin Ekaristi tidak ditunjuk secara tetap, tidaklah itu berarti bahwa kita sekarang boleh cukup bebas menentukan siapa yang harus mempersembahkan Ekaristi? 95. Sampai sejauh ini anda tidak menyinggung soal imamat. Mengapa demikian? 96. Apakah "imam" itu hanya istilah tambahan untuk "uskup"dan "penatua"? PETRUS DAN PARA PAULUS 97. Anda tidak pernah menyinggung peranan Petrus dalam kepemimpinan Gereja. Apakah orang-orang Kristen permulaan juga sudah menerima dia sebagai kepala Gereja? 98. Tetapi tidakkah Paulus menentang Petrus? Apakah Paulus mengakui supremasi Petrus? 99. Anda mengatakan bahwa Petrus tidak disebut uskup dalam Perjanjian Baru. Bukankah ia adalah uskup pertama Roma? 100.Apakah orang Kristen pada masa Perjanjian Baru sudah memandang Petrus sebagai Paus? SEJAUH MANA GEREJA TELAH BERUBAH 101.Menurut yang telah Romo sampaikan di atas, rupanya Gereja di masa-masa Perjanjian Baru cukup berbeda dari Gereja masa kini. Betulkah demikian? ---------------------------------- 101 Tanya-Jawab Tentang Kitab Suci Raymond E. Brown, S.S. Cetakan kedua: 1995 Penerbit Kanisius Jln. Cempaka 9, Deresan, Yogyakarta 55281 Telp.(0274) 588783, 565996, Fax.(0274) 563349 Kotak Pos 1125/Yk, Yogyakarta 55011 ISBN 979-497-261-4 | |
|
ISNET Homepage | MEDIA Homepage | Program Kerja | Koleksi | Anggota |