101 Tanya-Jawab Tentang Kitab Suci

oleh Raymond E. Brown, S.S.

Indeks Kristiani | Indeks Artikel | Tentang Penulis
ISNET Homepage | MEDIA Homepage | Program Kerja | Koleksi | Anggota

 

PENGANTAR
 
TERJEMAHAN ALKITAB
 
1. Alkitab mana yang paling baik dibaca?
2. Terjemahan mana yang anda anjurkan?
3. Bagaimana halnya mengenai terjemahan populer?
4. Apakah orang Katolik tidak dilarang membaca Alkitab
   Protestan?
 
KITAB-KITAB ASLI DAN APOKRIP
 
5. Bukankah orang Katolik dan orang Protestan berbeda
   pendapat mengenai jumlah Kitab Suci?
6. Apa kiranya akan ada kesepakatan mengenai kitab-kitab
   Perjanjian Lama, yang tidak diterima oleh orang Protestan
   itu?
7. Anda mengatakan, bahwa orang Protestan dan Katolik
   sependapat mengenai kitab-kitab Perjanjian Baru. Bagaimana
   mengenai Injil-injil Apokrip?
8. Adakah kemungkinan bahwa salah satu kitab Apokrip
   Perjanjian Baru pada suatu saat diakui sebagai Kitab Suci
   kanonik?
9. Sejauh mana injil-injil Apokrip itu berharga?
10.Saya mendengar, bahwa beberapa injil Apokrip mempunyai
   pengaruh pada pikiran Katolik. Benarkah itu?
 
BAGAIMANA MEMBACA ALKITAB
 
11. Kita kembali pada Alkitab yang telah kita terima. Bagi
    orang yang sedang mulai membaca Alkitab dengan
    sunguh-sungguh, bagaimana Romo menganjurkan mereka membaca?
    Haruskah mereka mulai dari Kitab Kejadian berturutan sampai
    kitab Wahyu? Atau bisa memilih kitab mana saja untuk mulai?
12. Bagaimana pendapat anda mengenai Catatan dan Tafsir
    sebagai bantuan?
13. Dengan Catatan dan Komentar-komentar itu apakah kita
    justru hanya memperoleh 'pendapat' tentang Kitab Suci?
    Haruskah kita tergantung pada para ahli untuk mengerti Kitab
    Suci?
14. Saya menyadari pentingnya informasi dari para ahli,
    tetapi saya kurang mengerti mengapa kita harus tergantung
    pada tafsir manusiawi dalam kaitannya dengan sabda Tuhan.
 
BIMBINGAN GEREJA
 
15. Semua ini mengesankan adanya suatu tafsir pribadi
    terhadap Kitab suci. Saya kira orang Katolik bangga karena
    tidak tergantung pada tafsir pribadi, tetapi
    mempercayakannya kepada Gereja mengenai apa yang dimaksudkan
    oleh Kitab Suci.
16. Pernahkah anda menemukan pertentangan antara ajaran
    Gereja yang berdasarkan Kitab Suci dengan tafsir anda atas
    teks Alkitab?
17. Saya kira telah terjadi banyak pertentangan antara para
    ahli Kitab Suci dengan para pengajar resmi Gereja.
 
MENGAPA MEMBACA ALKITAB
 
18. Apa yang akan Romo berikan sebagai alasan terpenting
    untuk membaca Kitab Suci?
19. Sebutan Kitab Suci sebagai sabda Tuhan amat tidak jelas.
    Salahkah saya bila berpikir bahwa Sabda Tuhan mempunyai arti
    yang berbeda bagi setiap orang?
20. Apa yang anda maksudkan dengan Kitab Suci sebagai
    perpustakaan?
21. Dampak praktis apa yang ditimbulkan, kalau kita mengakui
    Kitab Suci sebagai suatu kumpulan buku-buku dalam suatu
    perpustakaan, dan bukan sebagai satu buku saja?
22. Apakah Romo masih percaya pada inspirasi Kitab Suci?
 
APAKAH ALKITAB BENAR SECARA HARFIAH
 
23. Mengetahui bahwa tidak semua yang dikisahkan dalam Kitab
    Suci terjadi secara harfiah, pasti menjadi batu sandungan
    bagi banyak orang.
24. Sejauh mana kita boleh menganggap bahwa kisah-kisah
    Kitab Suci tidak benar-benar terjadi? Bagi saya tidak ada
    masalah bahwa dunia tidak diciptakan dalam enam hari dan
    kehidupan berkembang secara evolutif. Akan tetapi bagaimana
    tentang Adam dan Hawa? Menurut pastor, saya harus percaya
    bahwa mereka sungguh-sungguh pernah ada.
25. Entah anda memandang kisah Adam dan Hawa secara harfiah
    atau secara perumpamaan, tidakkah itu merugikan dalam arti
    menghina wanita?
26. Mari kita tinggalkan kisah Adam dan Hawa. Kalau cerita
    tadi diterima secara simbolik atau perumpamaan, di mana kita
    harus berhenti? Apakah Abraham, Musa, Daud atau Yeremia
    memang pernah ada? Menurut saya, dengan menjauhkan
    kesejarahan Kitab Suci, anda telah masuk ke dalam persoalan
    yang rumit.
27. Bagaimana tentang penemuan-penemuan kepurbakalaan?
    Tidakkah mereka menegaskan kesejarahan sebagian besar Kitab
    Suci?
 
PENYELIDIKAN TENTANG ALKITAB
 
28. Saya perhatikan bahwa Romo dan beberapa ahli sering
    menggunahan kata atau istilah "kritik Kitab Suci." Apa yang
    anda maksudkan dengan itu?
29. Meskipun sudah mengunakan metode kritis seperti itu,
    namun bagi saya masih ada beberapa kitab yang terasa sulit.
    Menurut Pastor buku mana yang paling sulit?
30. Mengingat jawaban pada nomor 29, apa sebenarnya yang
    menjadi pesan kitab Apokalips atau Wahyu?
 
FUNDAMENTALISME ALKITABIAH
 
31. Dalam menjawab pertanyaan tentang Kitab Wahyu, anda
    memakai istilah 'fundamentalis.' Sangat menarik bagi saya,
    karena menurut saya itu merupakan persoalan yang menghangat
    waktu saya bergaul dengan para pecinta Kitab Suci lain.
    Walau saya kenal dengan orang-orang yang disebut
    fundamentalis, tetapi istilah itu tidak selalu jelas bagi
    saya.
32. Mengapa para fundamentalis semakin menjadi persoalan
    yang perlu diperhatikan? Rasanya di masa-masa yang lampau,
    kita belum pernah berurusan dengan mereka ini.
33. Bagaimana anda akan bereaksi terhadap fundamentalisme
    alkitabiah ini?
 
SEJAUH MANA PERJANJIAN BARU BENAR SECARA HARFIAH
 
34. Sejauh ini anda telah menjawab pertanyaan-pertanyaan
    tentang Kitab Suci secara umum dan banyak mengacu kepada
    Perjanjian Lama. Tidakkah Perjanjian Baru berbeda?
    Perjanjian Baru tidak ditulis beratus tahun sesudah kejadian
    yang diceritakan, tetapi hampir bersamaan. Jadi kita tentu
    boleh mempercayai segi historisnya.
35. Bagaimana orang yang percaya pada inspirasi dapat
    mempertahankan keaslian surat-surat Paulus? Perjanjian Baru
    mengatakan, bahwa Paulus menulis surat-surat itu.
36. Berdasarkan jawaban Romo, sebenarnya tidak terlalu
    penting apakah Paulus sendiri atau muridnya yang menulis
    surat tertentu, kalau begitu, mengapa para ahli membuang
    buang waktu untuk menemukan apakah Paulus menulis surat atau
    tidak?
37. Seandainya Paulus tidak menulis surat-surat itu,
    meskipun tetap diinspirasikan, apakah otoritas mereka lebih
    rendah?
 
HISTORISITAS INJIL-INJIL
 
38. Waktu anda ditanya tentang kesejarahan Perjanjian Baru,
    jawaban anda banyak menyinggung surat-surat Paulus dan
    siapa penulisnya. Bagaimana tentang injil? Sejauh mana
    gambaran Yesus dalam Injil dapat dipercaya?
39. Saya harus menghadapi bacaan kehidupan Yesus di sekolah
    dan dalam khalwat-khalwat. Anda hanya menyebut bahwa Ia
    menghayati kehidupan yang sungguh-sungguh. Namun menurut
    saya, kita melihat amat sedikit kehidupan Yesus sekarang.
    Kapan pendekatan ini berubah?
40. Dapatkah anda lebih jelas? Jika injil-injil bukanlah
    kisah-kisah yang sesuai dengan kenyataan tentang misteri
    Yesus dan juga bukan sejarah, lalu apakah mereka? Bagaimana
    kita harus memahami injil-injil itu?
41. Pendekatan modern melihat Injil sebagai hasil
    pengembangan tradisi. Apa akibat praktis pendekatan itu pada
    penggunaan Injil secara rohani?
42. Romo mengatakan bahwa para penginjil bukanlah saksi
    mata. Kami diajar bahwa Matius dan Yohanes menulis Injil,
    dan mereka itu adalah saksi mata dari karya pelayanan Yesus.
43. Romo melukiskan suatu pendekatan dimana tradisi yang
    berasal dari Yesus dimodifikasikan dan dikembangkan pada
    tahap sebelum menjadi Injil. Apakah kita tidak terlibat
    dalam bentuk pergembangan serupa kalau kita mengetrapkan
    Injil untuk masa kita?
44. Apakah pendekatan terhadap Injil semacam itu, yang
    melibatkan pengembangan tradisi, pada dasarnya bukan berarti
    menolak bahwa Injil diterima sebagai historis?
 
SABDA DAN KARYA YESUS
 
45. Semua kedengaran bagus. Tetapi terlalu umum. Di tengah-
    tengah perkembangan seperti itu, dapatkah kita merasa
    yakin mengenai kata-kata yang diucapkan Yesus selagi Ia
    masih hidup?
46. Saya ingin lebih jelas. Dapatkah anda memberikan
    prosentase kata-kata Yesus yang ada dalam Injil, berapa
    prosen yang masih asli dan berapa prosen yang sudah berubah?
47. Sejauh ini, baik pertanyaan maupun jawaban yang anda
    berikan semua mengenai apa yang dikatakan Yesus. Saya kira
    ada masalah yang lebih penting, yaitu tentang apa yang
    dilakukan Yesus. Seberapa otentik mukjizat-mukjizat Yesus?
48. Dapatkah anda lebih khusus? Menurut anda, tradisi umum
    mengenai mukjizat Yesus adalah 'kenangan' historis asli
    (Yesus memang melakukan penyembuhan secara luar biasa), akan
    tetapi dapatkah kita mengetahui satu demi satu mukjizat yang
    dilakukan Yesus?
49. Saya melihat perbedaan antara ucapan-ucapan dan mukjizat
    Yesus. Ucapan-ucapan-Nya tetap mengandung makna, tetapi
    makna apa yang bisa kita peroleh untuk mengetahui, bahwa
    penyembuhan Yesus historis? Umumnya kita sekarang tidak
    dapat menyembuhkan dengan cara seperti dilakukan Yesus.
50. Apakah anda maksudkan bahwa dulu tidak ada kerasukan
    setan, tetapi sekarang ada?
51. Percayakah Pastor akan setan?
 
KEBANGKITAN YESUS
 
52. Anda telah menjawab tentang kesejarahan dari berbagai
    aspek kisah Injil: ucapan-ucapan Yesus, mukjizat-
    mukjizat-Nya juga tentang setan. Tetapi bagaimana tentang 
    kejadian puncak dalam injil, yaitu kebangkitan? Saya
    mendengar beberapa teolog yang mempunyai nama, termasuk dari
    kalangan Katolik, mengatakan bahwa iman mereka tidak akan
    goncang seandainya tubuh Yesus ditemukan di Palestina.
    Menurut anda, sebagai ahli Kitab Suci, perlukah percaya pada
    kebangkitan fisik?
53. Anda cukup jelas dalam menerangkan kebangkitan badani.
    Kembali ke masalah kebangkitan fisik, mengapa anda
    menghindari istilah itu?
 
KELAHIRAN YESUS
 
54. Dalam jawaban anda mengenai kesejarahan kehidupan Yesus,
    saya perhatikan anda tidak berbicara tentang kelahiran-Nya.
    Kiranya anda dan yang lain menganggap kisah kelahiran tidak
    historis.
55. Bukankah kita memiliki kesaksian Maria dan Yusuf tentang
    apa yang terjadi pada waktu kelahiran?
56. Apa yang anda anggap sebagai perbedaan-perbedaan
    menentukan antara kedua kisah kelahiran Yesus dalam Injil?
57. Kalau kedua kisah itu sangat berbeda, mengapa kita tidak
    mengandaikan bahwa salah satu historis dan yang lain
    simbolik? Mengapa kesejarahan masing-masing diragukan?
58. Demikian, kalau kisah-kisah kelahiran itu tidak
    historis, nilai apa yang mereka miliki? Apakah kisah-kisah
    itu lebih baik daripada cerita-cerita rakyat?
59. Dalam jawaban telah disinggung pesan malaikat kepada
    Yusuf dan Maria. Seberapa serius kita harus mengakui
    malaikat? Apakah mereka benar-benar ada?
60. Setiap kali Anda mengacu pada permulaan Injil Mat dan
    Luk, Anda selalu menyebut Kisah Masa Kanak-kanak atau
    kelahiran. Padahal dalam Luk ada juga kisah sewaktu Yesus
    berusia 12 tahun. Apa yang kita ketahui sekitar masa muda
    Yesus?
 
MARIA
 
61. Dalam kisah kelahiran dan masa kanak-kanak Yesus, Maria
    memegang peranan. Secara alkitabiah seberapa pentingkah
    Maria?
62. Di antara perkembangan-perkembangan baru Mariologi yang
    baru saja disinggung, terdapat 'dikandung tanpa noda' dan
    'diangkat ke surga.' Dapatkah keduanya dihubungkan dengan
    Perjanjian Baru?
63. Keistimewaan Maria yang baru saja disebutkan tidak
    secara langsung menyinggung Kitab Suci. Bagaimana dengan
    keistimewaan yang disebut dalam Mat dan Luk, yaitu 'perawan
    yang melahirkan'?
64. Bukti apa kiranya dapat diajukan untuk sesuatu yang
    begitu mengagumkan, seperti ajaran 'perawan yang
    mengandung'?
65. Dalam menjelaskan peranan Maria dalam Kitab Suci, telah
    disinggung soal ibu dan saudara-saudara Yesus. Apakah itu
    bukan kebiasaan Protestan?
66. Bagaimana dengan ajaran Katolik bahwa Maria tetap
    perawan?
67. Saya tidak mengerti. Pastor mengatakan, bahwa dalam
    doktrin Katolik Maria tetap perawan tetapi dikatakan juga
    bahwa Perjanjian Baru berbicara mengenai 'saudara lelaki dan
    perempuan' Yesus. Mengapa Perjanjian Baru menyebut mereka
    demikian?
68. Tidakkah orang Katolik senantiasa diajar bahwa
    saudara-saudara Yesus adalah keponakan-keponakan-Nya?
 
PENGETAHUAN YESUS
 
69. Saya ingin kembali dari Maria kepada Yesus. Tak bisa
    disangkal, komentar anda mengenai Injil memberi banyak
    informasi tentang Yesus. Akan tetapi apa yang dapat kita
    ketahui secara pasti tentang Yesus sendiri?
70. Saya mempunyai pokok khusus. Saya ingin tahu, apa yang
    dipikirkan Yesus tentang diri-Nya. Tahukah Ia bahwa diri-Nya
    Allah?
71. Tetapi apakah pengetahuan-Nya tidak berkembang? Masih
    manusiawikah Ia seandainya Ia tahu siapa diriNya sepanjang
    hidup-Nya?
72. Saya tidak mengerti, Anda mengatakan percaya, bahwa
    Yesus adalah Allah; Allah mengetahui segalanya. Bagaimana
    bisa ada pertanyaan tentang apa yang diketahui Yesus atau
    tentang perkembangan dalam pengetahuan-Nya?
73. Apakah itu berarti anda menyatakan bahwa pengetahuan
    Yesus tidak lebih daripada pengetahuan yang kita miliki?
74. Bagaimana mengenai pengetahuan faktual? Tidakkah Yesus
    mengetahui hal-hal yang di luar pengetahuan manusia biasa?
75. Seandainya kita memusatkan pengetahuan tentang hal-hal
    yang ada hubungannya dengan perutusan-Nya; misalnya, apakah
    Yesus tahu bahwa Ia akan mati?
76. Saya ingin bertanya mengenai pengetahuan yang jelas
    mengandaikan bantuan adikodrati. Apakah Yesus mengetahui
    masa depan secara rinci? Apakah Ia sudah tahu kalau akan
    bangkit dari antara orang mati?
 
DASAR GEREJA
 
77. Kalau kõta menerima keterbatasan pengetahuan Yesus, lalu
    bagaimana dengan persiapan-Nya menyangkut masa depan, di
    antaranya menyangkut soal keberadaan Gereja?
78. Apakah para ahli Kitab Suci berpendapat bahwa Yesus
    tidak mendirikan Gereja?
 
SAKRAMEN-SAKRAMEN
 
79. Bagaimana tentang sakramen-sakramen? Tidakkah pemahaman
    mengenai sakramen menyatakan secara tidak langsung bahwa
    sakramen diadakan langsung oleh Kristus?
80. Lebih spefisik lagi, apakah Yesus mendirikan sakramen
    Ekaristi waktu perjamuan terakhir?
81. Tidakkah orang mempunyai petunjuk yang lebih spesifik
    dari Yesus tentang baptis, yang mengisyaratkan bahwa Yesus
    mengetahui apa yang akan terjadi?
82. Tanpa petunjuk eksplisit dari Yesus, bagaimana umat
    Kristen sampai pada pembaptisan? Apa yang menggerakkan
    mereka ke arah itu?
83. Apakah arti baptisan bagi orang-orang Kristen Perdana?
84. Tentang Ekaristi, bagaimana orang Kristen sampai
    merayakan perjamuan Ekaristi dan bagi mereka apa yang
    ditandakan oleh perjamuan itu?
85. Bagaimana dengan Injil Yohanes? Di dalam perjamuan
    terakhir tidak disingung Ekaristi.
 
ORANG KRISTEN PERDANA DAN ORANG YAHUDI
 
86. Apa hubungan antara orang Kristen awal dengan orang
    Yahudi?
87. Apa yang menyebabkan perpisahan antara orang Kristen dan
    orang Yahudi?
88. Adakah penganiayaan tertentu terhadap orang Kristen yang
    dilakukan oleh orang Yahudi?
 
PEMERINTAHAN GEREJA MUDA
 
89. Seberapa besar peranan Kedua belas Rasul dalam Gereja
    Perdana?
90. Saya selalu membayangkan bahwa "Keduabelas Rasul " itu
    memimpin seluruh Gereja. Seandainya tidak, bagaimana Gereja
    Perdana diatur? Siapa yang melakukan itu?
91. Bagaimana halnya dengan doktrin yang menyatakan bahwa
    uskup adalah pengganti para rasul?
92. Bagaimana pola perkembangan pemilihan uskup seperti itu
    bisa berpengaruh pada anggapan bahwa tahbisan merupakan
    sakramen yang didirikan oleh Kristus?
 
SIAPA YANG MEMPERSEMBAHKAN EKARISTI
 
93. Saya perhatikan, pada waktu anda berbicara mengenai
    peranan presbiter para uskup, anda tidak menyinggung
    Ekaristi. Mengapa demikian?
94. Kalau pada masa Perjanjian Baru orang yang memimpin
    Ekaristi tidak ditunjuk secara tetap, tidaklah itu berarti
    bahwa kita sekarang boleh cukup bebas menentukan siapa yang
    harus mempersembahkan Ekaristi?
95. Sampai sejauh ini anda tidak menyinggung soal imamat.
    Mengapa demikian?
96. Apakah "imam" itu hanya istilah tambahan untuk
    "uskup"dan "penatua"?
 
PETRUS DAN PARA PAULUS
 
97. Anda tidak pernah menyinggung peranan Petrus dalam
    kepemimpinan Gereja. Apakah orang-orang Kristen permulaan
    juga sudah menerima dia sebagai kepala Gereja?
98. Tetapi tidakkah Paulus menentang Petrus? Apakah Paulus
    mengakui supremasi Petrus?
99. Anda mengatakan bahwa Petrus tidak disebut uskup dalam
    Perjanjian Baru. Bukankah ia adalah uskup pertama Roma?
100.Apakah orang Kristen pada masa Perjanjian Baru sudah
    memandang Petrus sebagai Paus?
 
SEJAUH MANA GEREJA TELAH BERUBAH
 
101.Menurut yang telah Romo sampaikan di atas, rupanya
    Gereja di masa-masa Perjanjian Baru cukup berbeda dari
    Gereja masa kini. Betulkah demikian?
 
----------------------------------
101 Tanya-Jawab Tentang Kitab Suci
Raymond E. Brown, S.S.
Cetakan kedua: 1995
Penerbit Kanisius
Jln. Cempaka 9, Deresan, Yogyakarta 55281
Telp.(0274) 588783, 565996, Fax.(0274) 563349
Kotak Pos 1125/Yk, Yogyakarta 55011
 
ISBN 979-497-261-4

Indeks Kristiani | Indeks Artikel | Tentang Penulis
ISNET Homepage | MEDIA Homepage | Program Kerja | Koleksi | Anggota

Please direct any suggestion to Media Team