BAB II
PELAKSANAAN PROGRAM DAN HASIL

Secara  ringkas Kegiatan dalam pelaksanaan inherent 2007 dilakukan dengan kegiatan sebagai berikut :

A. Pembelajaran

kegiatan Pembelajaran dibagi menjadi  3 kegiatan utama, yaitu :
Kegiatan course content, yaitu pengembangan pembelajaran berbasis multimedia. Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan sebagai berikut

1. Kegiatan Pengembangan Course Content

Kegiatan Pembuatan Course content kuliah sudah dilakukan Upload di i-elisa, ada 9 matakuliah baru, sehingga total pembelajaran berbasis multimedia yang sudah di upload adalah

2. Pelaksanaan CEA (Credit Earning Activity)

Kegiatan pembelajaran Distance Learning Credit Earning Activity (CEA) dengan FTP Universitas Udayana akan dilakukan dengan pola evaluasi sebagai berikut ini :

  1. Standar penilaian akan dilakukan sama, meliputi soal untuk ujian tengah semester, ujian akhir, maupun tugas-tugas akan dilakukan dengan bobot yang sama.
  2. Standar kualitas soal ujian, tugas, jenis tugas akan disusun bersama antara FTP UGM dan FTP Universitas Udayana dengan mengacu standar kualitas yang ditetapkan oleh UGM.
  3. Pelaksanaan Distance Learning Credit Earning Activity (CEA) melalui model Video Conference minimal  30-40% dari total pertemuan kuliah yang dirancang, ditambahkan dengan presentasi tugas antar kelompok mahasiswa

Berdasarkan kegiatan diatas, maka ada 3 matakuliah yang disepakati akan dilaksanakan yaitu :
1.Sistem Pertanian, dengan koordinator Prof.Dr. Sahid Susanto
2. Manajemen Industri, dengan koordinator Dr.Ir.Didik Purwadi. M.Ec
3. Sistem Manajemen Mutu, dengan koordiator Prof.Dr. Sri Rahardjo, M.Sc
            Tahapan perancangan kegiatana VICON sudah dibicarakan,  sebanyak 3 kali, yaitu 14 Desember 2007 kemudian tanggal 12-13 Pebruari 2008 di Udayana. 2 kali pertemuan awal masih mensinkronkan antar jadwal kuliah. Kemudian disepakati akan dilaukan paruh kedua semester, atau setelah mid semester. Setelah disepakati akan dilakukan kegiatan vicon sebelum ujian akhir (sekitar bulan mei-Juni 2008) rata-rata sebanyak 30% dari kegiatan seluruh matakuliah, dan yang di CEA kan sebanyak 30-40%. Menjelang ujian akhir pelaksanaan sudah diselesaikan., ada 2 cara besar yaitu Pengampu di UGM akan memberikan kuliah seperti biasa, kemudian Partner FTP Udayana akan ikut serta dalam perkuliahan. Dan tahap ke-2 akan ada presentasi dari masing-masing kelompok pada tiap-tiap matakuliah yang di CEA kan, kemudian akan dilakukan peniaian bersama, Bahan –bahan kuliah yang diceakan terdapat pada lampiran.

3. Pelaksanaan Pengembangan  Software

Ada 2 software yang secara teknis, maupun implementasi ditangani oleh Tim INHERENT UGM, diantaranya:

a) I-library; Pelaksanaan kegiatan ini memanfaatkan portal i-library hasil inherent 2006 UGM. Perpustakaan FTP Ugm yang pada awalnya belum terkoneksi dengan i-library UGM dengan fase ini kemudian dikoneksikan dengan Portal tersebut. Pelaksanaan pekerjaan ini sepenuhnya dibawah pengawasan dan pengendalian tim Inherent UGM, saat ini sudah terkoneksi dengan  inherent UGM, hal tersebut dapat diamati pada portal inherent.ugm.ac.id. dengan terkoneksinya Perpustakaan FTP, berarti sudah terkoneksi dengan jaringan Inherent Nasional.

Melalui interkoneksi ini sivitas akademika FTP UGM dapat mengakses berbagai jurnal, judul dan abstraksi buku, abstraksi skripsi/thesis di berbagai perpustakaan online di PT yang telah terhubung antara lain UNibRAW, ITB, UI, Akprind, UMY, UAD, dan UGM.
Contoh hasil screen shoot aplikasi i-lib adalah :

b. Pengembangan aplikasi Learning Content Animator Sebagai Fitur Tambahan i-eLisa: Pelaksanaan penambahan fitur Learning Content Animator pada portal I-elisa UGM dilaksanakan dengan baik dibawah koordinasi Inherent UGM, sepenuhnya akan berfungsi dengan baik pada akhir bulan Mei, fungsi fitur ini untuk memudahkan para staff pengajar yang menginginkan membuat bahan ajar berbasis multimedia, seperti flash sederhana dapat melakukannya sendiri tanpa batuan programmer. program ini dapat dilihat di i-elisa, inherent.ugm.ac.id. Secara umum gambaran dari Learning Content Animator produk INHERENT yang didesain adalah sebagai berikut :


Gambaran dari Learning Content Animator

B.Pelaksanaan Penelitian Kolaboratif

Pelaksanaan riset kolaborasi dilakukan oleh 3 jurusan dengan Topik sebgai berikut, peneliti partner sebagian besar dilakukan oleh staff pengajar FTP Universitas Udayana :

Saat ini kegiatan sudah dilakukan, masing-masing sesuai karakternya melakukan kegiatan, misalnya untuk kegiatan pembuatan buku bersama sudah dilakukan pengumpulan jurnal atau tulisan berkaitan dengan asam laktat. Komunikasi di i-riset sedang berlangsung, pada akhir april sudah selesai dan kemudian akan dilakukan  perbaikan-perbaikan
Kegiatan penelitian bersama sudah pada berlangsung, masing-masing peneliti sudah melakukan sesuai dengan porsi tugasnya. Saat ini komunikasi sudah dilakukan melalui i-riset, target penyelesaian fisik penelitian adalah akhir April 2008.

Kegiatan penyusunan proposal bersama sudah dilakukan, targetnya awal pertengahan april sudah diselesaikan untuk diikutkan dalam berbagai kegiatan funding penelitian di akhir mei, komunikasi intens lewat i-riset sudah dilakukan, sehingga pelaksanaan penyusunan proposal bersama dapat terselesaikan

 

HOME
IDENTITAS
LAPORAN LENGKAP (html)
  Lembar Pengesahan
  BAB I. PENDAHULUAN
  BAB II. PELAKSANAAN PROGRAM DAN HASIL
  BAB III. RENCANA PEMANFAATAN DAN PENGEMBANGAN LEBIH LANJUT
  BAB IV. LAMPIRAN
LAPORAN LENGKAP (pdf)
   
Produk Inherent Fakultas Teknologi Pertanian

Pengembangan pembelajaran dengan perbaikan Course Content berbasis multimedia
Pengembangan pembelajaran dengan metode distance learning Creadit Earning Activity (CEA)

Pengembangan aplikasi learning content animator sebagai fitur tambahan E-elisa

Pengembangan jaringan informasi penelitian online antar keilmuan Agroindustri guna meningkatkan kualitas penelitian civitas akademika FTP UGM

Pengembangan interkoneksi data layanan digital library antar- perguruan tinggi
   
Program Hibah Inherent K1
Fakultas Teknologi Pertanian UGM - 2008