header-photo

Hasil Kegiatan

  1. Pengembangan Sistem Informasi Akademik untuk mendukung program WIDYA.       

Penyelenggaraan kuliah jarak jauh yang kreditnya diakui oleh kedua belah pihak membutuhkan dukungan system informasi yang mampu memudahkan akses terhadap database akademik yang dibutuhkan.  Program ini merupakan pengembangan/penyempurnaan dari LMS i-elisa yang dibuat oleh tim PHK K-1 UGM pada tahun sebelumnya. Pemanfaatan i-elisa secara internal di tingkat UGM sudah cukup menggembirakan dengan pembuktian banyaknya komunitas yang telah berkembang di i-elisa (http://i-elisa.ugm.ac.id). Memang dibandingkan dengan LMS elisa yang telah dikembangkan UGM sebelumnya (http://elisa.ugm.ac.id) jumlah komunitas yang ada masih ketinggalan jauh. Saat ini UGM secara resmi masih menggunakan 2 LMS yaitu i-elisa dan elisa. Namun di masa mendatang setelah pengembangan LMS i-elisa telah optimal UGM akan mengintegrasikan kedua LMS ini. Sebagai produk INHERENT maka LMS i-elisa bersifat open source, open access, dan memungkinkan open content.  Dengan demikian i-elisa merupakan LMS yang dapat digunakan oleh siapapun atau oleh Perguruan Tinggi manapun, bahkan dalam kebijakan UGM LMS ini boleh disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan pengguna, semisal dengan penambahan logo perguruan tinggi pengguna. PHK K-1 Inherent Fakultas Kehutanan UGM ini juga merupakan upaya penetrasi penggunaan i-elisa oleh perguruan tinggi diluar UGM, karena dalam program dilakukan pula pelatihan i-elisa di kampus UNILA dan kampus UNLAM baik untuk mahasiswa maupun dosen.

Modul SIA yang ditambahkan dalam LMS i-elisa didedikasikan untuk mendukung pengembangan program CEA. Dengan demikian pemanfaatan i-elisa secara internal Fakultas Kehutanan UGM diarahkan untuk meningkatkan pengembangan e-learning sebagai pendukung kegiatan belajar mengajar yang konvensional. Taskforce PHK Inherent bersama pengurus Fakultas Kehutanan UGM mendorong pemanfaatan i-elisa sebagai LMS yang digunakan oleh civitas akademika Fakultas Kehutanan UGM. Pemanfaatan secara eksternal pada kesempatan ini baru dikembangkan untuk Fakultas/Jurusan Kehutanan di UNILA dan UNLAM. Diharapkan ke depan semua kampus kehutanan di Indonesia memanfaatkan i-elisa sebagai LMS.

Program pengembangan SIA Fakultas Kehutanan dapat diakses secara jarak jauh baik oleh mahasiswa program Fakultas Kehutanan maupun mahasiswa universitas mitra. Dengan adanya fasilitas remote access pada SIA yang terintegrasi pada jaringan INHERENT akan meningkat fleksibiltas dosen dalam melaksanakan tugasnya. Output course content yang dikembangkan selain dimanfaatkan oleh UGM dan perguruan tinggi mitra nantinya akan dapat dikembangkan untuk perguruan tinggi yang lain yang menawarkan fasilitas yang serupa. Modul yang telah dibuat ada 3 buah modul utama, yaitu modul untuk Administrator, Dosen, dan Mahasiswa.

Modul Administrator, meliputi :

  1. Sub Modul Program Studi

Berisi data program studi yang mengikuti perkuliahan distance learning. Pada modul ini kita dapat menambahkan nama, kode dan data program studi

1

2


  1. Sub Modul Data Dosen

Berisi Data Dosen yang akan mengajar di program distance learning, sub modul ini sudah masuk ke dalam Sub Modul User
3

4
Untuk User Dosen
5

Untuk User Mahasiswa

6

Untuk User Admin

8

 

  1. Sub Modul Kemahasiswaan

Berisi data mengenai mahasiswa yang akan mengikuti program distance learning è sub modul ini sudah masuk ke Sub Modul User

  1. Sub Modul Portal Akademik

Berisi menu untuk pembuatan account bagi dosen dan mahasiswa, dalam sistem ini fungsinya sama dengan Modul User

  1. Sub Modul User

Berisi Modul untuk pembuatan account bagi administrator dan menu pengubahan password administrator Dalam pengembangan, fungsinya menjadi masuk ke dalam Sub Modul Password

7

 

Modul Dosen

  1. Sub Modul Panduan

Berisi panduan user manual atau petunjuk penggunaan modul dosen bagi dosen program distance learning, sub modul ini alam sistem dinamakan dengan sub Modul FAQ

9

 

  1. Sub Modul Profil

Berisi data pribadi atau profil dari dosen pengampu program distance learning

10

11

  1. Sub Modul Informasi matakuliah yang ditawarkan

Berisi menu untuk menampilkan matakuliah apa saja yang ditawarkan pada program distance learning, dalam sistem ini diberi nama dengan Modul Daftar Komunitas

12

  1. Sub Modul Matakuliah yang diampu

Berisi data mengenai matakuliah apa saja yang diampu oleh dosen tersebut, di sistem ini dibuat dengan nama Modul Daftar Komunitas

13

  1. Sub Modul Pengelolaan nilai

Berisi menu untuk melihat daftar nilai dan menu untuk memasukkan (input) nilai bagi dosen pengampu matakuliah di program distance learning. Nilai merupakan akumulasi dari nilai Ujian dan Tugas.

14

  1. Sub Modul Informasi Akademik

Berisi menu yang menyajikan informasi seputar akademik program distance learning (waktu pelaksanaan KRS, ujian, pemasukan nilai, dan informasi mengenai kegiatan akademik lainnya), dalam sistem ini diberi nama dengan Sub Modul Berita Komunitas

15

16

  1. Sub Modul Ubah Password

Berisi menu untuk mengubah password bagi dosen, dalam sistem ini diberi nama dengan Sub Modul Password

17

  1. Sub Modul Forum Diskusi     

Berisi sebuah forum diskusi baik forum diskusi antar dosen maupun dosen dengan mahasiswa, dalam sistem ini dinamakan dengan Sub Modul Forum.

18

19

 

Modul Mahasiswa

  1. Sub Modul Panduan

Berisi panduan user manual atau petunjuk penggunaan modul mahasiswa bagi mahasiswa yang mengikuti program distance learning, dalam sistem ini dinamakan dengan Sub Modul FAQ.
20

  1. Sub Modul Profil

Berisi data pribadi atau profil dari mahasiswa yang mengikuti program distance learning.

21

  1. Sub Modul Informasi matakuliah yang ditawarkan

Berisi menu untuk menampilkan matakuliah apa saja yang ditawarkan pada program distance learning, dalam sistem ini informasi matakuliah yang ditawarkan dapat dilihat pada Sub modul komunitas

22

  1. Sub Modul Informasi Akademik

Berisi menu yang menyajikan informasi seputar akademik program distance learning (waktu pelaksanaan KRS, ujian, dan informasi mengenai kegiatan akademik lainnya), dalam sistem ini diberi nama dengan Sub Modul Berita dan Info.

23

  1. Sub Modul Ubah Password

Berisi menu untuk mengubah password bagi mahasiswa, dalam sistem ini diberi nama dengan Sub Modul Password.

24

 

  1. Sub Modul Forum Diskusi

Berisi sebuah forum diskusi baik forum diskusi antar mahasiswa maupun mahasiswa dengan dosen, dalam sistem ini diberi nama dengan Sub Modul Forum.

25