Alkitab di
dunia |
Sebuah ulasan panjang tentang tantangan dunia modern terhadap konsep ketidakmungkinan salah Injil yang ditulis oleh Profesor James Barr. |
Isi
Lengkap
Tentang
Penulis
Kata
Pengantar
Situasi
Masa Kini Gerakan
Neo-orthodox Unsur
polemik
Perioda
Sesudah Perang
Beberapa
Tanda-tanya
Ditekankannya
Alkitah
Akibat-akibat
Ciri
keneo-orthodoxan
Kesimpulan
Alkitab
sebagai keseluruhan
Ditekankannya
exegesis
Gerakan
oikumenis
Soal
sosio-politis
Konsep
Berpengaruh Pengilhaman Konsep
Karl Barth Firman
Allah Konsep
kewibawaan Mengalihkan
perhatian Krisis
kewibawaan Keuntungan
konsep fungsi
Pengilhaman
Firman
Allah
Pengilhaman
harfiah
Tidak
identik
Kesusasteraan
Keberatan-keberatan
Kesimpulan
Kewibawaan
Keuntungan
istilah Firman Allah
Laporan
historis
Firman
bentuk tiga
Alkitab
menjadi Firman
Alkitab
bersifat ilahi
Keberatan
istilah Firman Allah
Kesimpulan
Fungsi
Keuntungan
Keberatan
Memusatkan
perhatian
Kesaksian
iman
Tidak
diidentikkan
Otoriter
Konsep
kewibawaan
Hukumiah
Akar-akar
Tidak
sesuai teologis
modern
Perorangan
dan prinsip umum
Penutup
Keberatan
Relativisme
dan Keradikalan Baru Situasi
modern Situasi
modern Isolasi
manusia modern Pandangan
tradisional Kristen Aspek
falsafi Protes
terhadap keganjilan
Pendahuluan
Ciri
Keradikalan Baru
Diskusi
Radikal Baru
Kewibawaan
extern
Relativisme-antar-kebudayaan
Penolakan
kekonstanan tabiat
Teologia
Bultmann
Kepekaan
terhadap keganjilan
Kepekaan
terhadap pembentukan kanon
Tanggapan
Sementara
Relativisme
antar-kebudayaan
Kekonstanan
tabiat manusia
Masa-berlakunya
kebudayaan
Mem-pasifkan
iman
Pertimbangan-tambahan
Perobahan
tabiat dan situasi
Analogi
situasi
Perbandingan
dg keneo-orthodoxan
Perbandingan
dg teologia Bultmann
Pemikiran
gereja
Unsur
kurang kuat
Apakah
ada alternatif?
Sanggupkah?
Kesusasteraan Definisi
mitos Kitab
Ayub Tiga
sasaran Titik
persamaan Kelemahan
exegetis Pendapat
D.E. Nineham Tafsiran
yang paling tepat
Alkitab
Mitos Dasar Kristen
Pendekatan
Penyelidikan Alkitab
Unsur
faktualitas kesusasteraan
Unsur
kesusasteraan
Perumpamaan
Kitab
nabi Yunus
Riwayat
penciptaan
Riwayat
kelahiran dan kebangkitan
Mitos
kesusasteraan
Pemakaian
liturgis dan meditatif
Typologi
dan alegorisasi
Milik-bersama
gereja
Pendekatan
teologis
Pemakaian
Alkitab secara Liturgis dan
Medidatif
Integrasi
tradisionil
Keterpisahan
pada masa kini
Alkitab
Puitis-Simbolis
Titik
perbedaan
Liturgi,
faktualitas, dan teologia
Apresiasi
Kesusasteraan Umum
Keberatan
para ahli
Keberatan
typologi
Pemutlakan
puitis-simbolis
Kesimpulan
Tanggapan
Kemajemukan
makna
Makna
definitif
Jalan
tengah
Makna
masa lampau dan masa kini
Peristiwa
dan Tafsirnya Penyataan Analogi
yang cukup Alkitab
= Kesaksian Kewibawaan
sumber sejarah Tiga
jenis peristiwa Karya
Allah
obyektif? Bukan
laporan peristiwa
Pendahuluan
Alkitab
Saksi Utama
Keberatan
Alkitab sbg Saksi Peristiwa
Penyelamatan
Unsur
ketidak-telitian
Unsur
subyektif
Kesimpulan
Pendapat
agak konservatif
Pendapat
konservatif
Pendapat
liberal
Kesimpulan
Peristiwa
penyelamatan
Sumber
historis
Peristiwa
dan penafsirannya
Kadang
ada jarak-waktu
Bahan
dapat digeser
Bahan
sekunder dalam
Alkitab
Kesimpulan
Konsep
peristiwa penyelamatan
Kekaburan
istilah karya
penyelamatan
Hubungan
Karya Allah
Peristiwa-penyelamatan
dan mitos-dasar
Tidak
membuktikan kedefinitifan
kanon
Ada
tafsiran alternatif
Bukan
norma
Argumentasi
a priori
Peranan
Teologia Unsur
teologia Alkitab
bukan dogma Penggolongan
pemakaian Alkitab Rumusan
teologis dan
non-teologis Penyorotan
kritik-historis Kewibawaan
yang
khas
Teologia
Standard
Pengaruh
Alkitab thd Teologia
Cara-pikir
pengarang Alkitab
Bukan
hanya bahan agamawi
Teologia
explisit dan implisit
Teologia
dan rekonstruksi sejarah
Dibangun
atas dasar Alkitabiah?
Kerangkaian
teologis
Perumusan
iman Kristen
Pengenaan
norma
Hubungan
hermeneutis
Kekhasan
pola pikir Alkitabiah
Keseluruhan
Alkitab dan
bagiannya
Relevansi
teologia
Penutup
Penggolongan
menurut konteks
Penggolongan
menurut isi
Rumusan
berdasarkan
pengetahuan-langsung
Pembedaan
maksud-umum
Pembedaan
inti-maknawi perikop
Pembedaan
ipsissima
Prioritas?
Ipsissima
verba dan pribadi
Yesus
Pembedaan
Firman Tuhan dan sabda
Paulus
Pengajaran
dan pribadi
Yesus
Keunikan
Yesus
Kesimpulan
Dasar
Membangun Hambatan
di gereja masa kini Pola-klasik Pembekuan
tradisi Prinsip
umum Mutu-kesusasteraan
Alkitab Kristus
menjadi
puncak Bukanlah
puncak Penyataan
Diri Allah Pengertian
Katolik
Faktor
Situasi Kini
Status
Alkitab dlm Teologia Modern
Neurosis
kewibawaan
Proses
berteologia
Teologia-modern
majemuk
Konteks-oikumenis
Pembentukan
Skiptura
Pengaruh
Pembentukan Skriptura
Akibat
terbentuknya skriptura
Bertahannya
proses pembentukan
Penyempitan
tradisi
Lahirnya
tradisi lisan
Munculnya
kanon
Pokok
mendetail
Proses
manusiawi
Unsur
ketak-sempurnaan dan
distorsi
Hubungan
konsep
Alkitab
sebagai sabda Israel
Hubungan
pola-klasik
Pandangan
Alkitab sendiri
Beberapa
kejanggalan
Pendekatan
eskatologis
Obyektivitas
atau historisitas
Yesus
Jurang
yang tak dapat
dijembatani
Penyataan
pengalimatan dan
perorangan
Nisbah
skriptura dan
tradisi
Pemisahan
yang salah
Rumusan
informatoris
Masalah
pokok
Penyataan
pengalimatan dan
fundamentalisme
Kesimpulan
Efek
negatif ide kewibawaan
Alkitab
Pengertian
Protestan
Pengertian
modern
Untung-rugi
Alkitab
mengandung distorsi
Masalah
pengilhaman
tradisi
Teologia
&
Penafsiran Menyusun
teologia Bahan
teologia implisit Menjadi
pola-klasik Sebaiknyalah
demikian Relevansi
Alkitab Kekunaan
Alkitab Kenormatifan
Alkitab Definisi Ditekankannya
puncak-puncak penyataan
Alkitabiah Standard
keorthodoxan
Pemikiran
Konstruktif
Peranan
Alkitab dalam Homiletika
Peranan
teologia
Penyeleksian
dan pengaturan
Memanfaatkan
bahan Alkitab secara
kritis
Peranan
kredo
Saling
melengkapi
Terapan
Bahan Kuno ke Masa
Kini
Keutamaan
mitos-dasar
Pemanfaatan
distorsi
Khotbah
berlandaskan
Alkitab?
Bahan
Alkitabiah
Implisit
Kemajemukan
Dua
pertimbangan
Ortodoks
dan Bid'ah
Masa
lampau - kini -
yad
Alkitab
tidak relevan
Buku
referensi
Dokumen
kuna
Penyataan
progresif
Masa
kini
Penggenapan
terletak di masa depan
Ciri-negatif
Segi-segi
positif konsep penyataan progresif
Pemakaian
konsep secara
apologetis
Penerapan
konsep secara selektif
Pergumulan-teologis
Teologia
dan anti-teologia
Sumbangan
antiteologia
Batas
& Seleksi Latar
belakang Pertautan
kategori Pengaruh
tradisi gerejani Kecenderungan
modern
Pendahuluan
Pembentukan
Pembatasan Jumlah Alkitab
Seleksi
Intern
Masalah
pokok
Kesimpulan
Unsur
kebetulan
Mengubah
kanon?
Perbedaan
konsep
Ketidak-rataan
bahan
Pengakuan-iman
Usaha
teologia Alkitabiah
Pengutamaan
tema tertentu
Kanon-inti
Titik
penyambung
Pengaruh
kritik-historis
Nisbah
PL dan PB
Sikap
fundamentalis
Pada
prinsipnya sederajat
Perbedaan
fungsi
Allahnya
Israel
Riwayat
Yesus
Kata
& Makna Tidak
identik fundamentalis Ketak-mungkinan-salah Harfiah
vs alegoris Alegori
juga sering
terikat Keuntungan
tafsir mendetail Ciri
tiap
pengarang
Tafsir
Harfiah
Kesimpulan
Umum
Menyelidiki
obyek dalam nats
Melawan
kritik-sumber-sumber Alkitabiah
Pendekatan
harfiah
Harfiah
berarti rinci
Dua
catatan
Alasan
pendekatan harfiah atau
non-harfiah
Penafsiran
yang mendetail
Alkitab
tidak mengutarakan
Kemajemukan
lapis-tradisi
Keanekaragaman
bahan
Alkitab
Kesimpulan
berdasarkan pembahasan
detail
Pembedaan
detail
Huruf
mematikan, roh
menghidupkan
Kesimpulan
Catatan
kaki
Links |